Sindopos.com - Profil Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur

 
Profil Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur
Profil Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur

 

Kecamatan Ngadirojo sempat dinamakan Lorok pada zaman dulu karena menjadi satu kesatuan dengan dua kecamatan lain yakni Kecamatan Tulakan dan juga Kecamatan Sudimoro. Dari ketiga kecamatan tersebut, Kecamatan Ngadirojo menjadi pusatnya dengan kantor pemerintahan yang dinamakan kawedanan.Kecamatan Ngadirojo sendiri memilki ases jalan ke Kota Pacitan berupa jalan jalur utara yang sudah ada sejak dulu dan juga ada jalur selatan dengan nama jalan JLS (Jalur Lintas Selatan) yang merupakan jalan terbaru yang melintasi pesisir pantai sepanjang Kecamatan Ngadirojo kemudian melewati jalur Kecamatan Tulakan dan Kecamatan Kebonagung untuk sampai di Kota Pacitan.

Kecamatan Ngadirojo merupakan salah satu dari 12 kecamatan yang berada di Kabupaten Pacitan. Memilki luas wilayah sebesar 95,91 km2  dengan total jumlah penduduk berdasarkan laporan kependudukan pada bulan April 2015 sebesar 48.994 jiwa ( Laki-laki 24.396 jiwa dan perempuan 24.598 jiwa). Kepadatan penduduk adalah 510,8 jiwa/km2. Wilayah Kecamatan Ngadirojo terdiri dari 18 Desa, 95 Dusun, 148 Rukun Warga (RW), dan 435 Rukun Tetangga (RT). Wilayah Kecamatan Ngadirojo terdiri dari   33 % dataran rendah, 9 % Landai, 38 % Dering, dan 20 % terjal yang berupa gunung dan perbukitan khas daerah pegunungan kapur.

Kecamatan Ngadirojo terdiri dari 18 desa, yang sebelumnya hanya 16 desa tetapi karena terdapat pemekaran di Desa Wonokarto menjadi 3 desa yaitu Desa Wonokarto, Desa Wonosobo, dan Desa Wonoasri. Sekarang jumlah keseluruhan desa menjadi 18 desa. Berikut 18 desa yang ada di Kecamatan Ngadirojo :

    1.    Desa Sidomulyo
    2.    Desa Hadiwarno
    3.    Desa Hadiluwih
    4.    Desa Tanjungpuro
    5.    Desa Pagerejo
    6.    Desa Wiyoro
    7.    Desa Ngadirojo
    8.    Desa Bogoharjo
    9.    Desa Cokrokembang
    10.  Desa Bodag
    11.  Desa Tanjung Lor
    12.  Desa Nogosari
    13.  Desa Cangkring
    14.  Desa Wonodadikulon
    15.  Desa Wonodadiwetan
    16.  Desa Wonokarto
    17.  Desa Wonosobo
    18.  Desa Wonoasri

Batas-batas dari Kecamtan Ngadirojo yaitu:
a)    Sebelah timur= Kecamatan Sudimoro
b)    Sebelah utara  = Kecamatan Slahung,Kab. Ponorogo
c)     Sebelah Barat= Kecamatan Tulakan
d)     Sebelah Selatan= Samudera Indonesia 

Post a Comment

Powered by Blogger.
close