Mengenal Batu Safir; Kupas Tuntas Batu Safir, Safir Sintetis dan Obsidian Safir

Sindopos.com - Pengetahuan Dasar Tentang Batu Saphire/Safir. Pelajari, dilihat, diteliti baru kemudian putuskan beli atau tidak.

Batu Saphire
Batu safir yang dalam literasi Yunani ditulis σάπφειρος atau sappheiros, atau disebut juga batu biru, jaman dulu merujuk pada batu lapis lazuli. Sebenarnya, batu safir adalah jenis batu permata dari mineral corundum, aluminium oksida (α-Al2O3). Sejumlah kecil unsur seperti besi, titanium, kromium, tembaga, atau magnesium dapat memberikan warna pada korundum, yakni biru, kuning, ungu, oranye, atau hijau.

Umumnya, safir dikenakan dalam perhiasan. Safir dapat ditemukan secara alami, dengan mencari melalui sedimen tertentu (karena resistensinya terhadap kikisan dibandingkan dengan batuan yang lebih lembut) atau formasi batuan tertentu.

Batu safir juga dapat diproduksi untuk keperluan industri atau dekoratif dalam boule kristal besar. Karena kekerasan yang luar biasa dari safir, yakni 9 pada skala Mohs (mineral paling keras ketiga, tepat di belakang berlian dengan nilai 10 dan moissanite dengan nilai 9,25) – dan aluminium oksida pada umumnya, safir digunakan dalam beberapa penerapan non-perhiasan, seperti komponen optik inframerah seperti dalam instrumen ilmiah; kaca berdaya tahan tinggi; jam tangan kristal dan bantalan gerakan; dan wafer elektronik yang sangat tipis, yang digunakan sebagai substrat isolasi dari perangkat elektronik solid khusus (terutama sirkuit terpadu dan LED berbasis GaN).

Batu safir alami


Safir adalah salah satu dari tiga varietas permata korundum (satunya adalah ruby), didefinisikan sebagai korundum dalam warna merah, dan padparadscha, jenis oranye kemerahan. Meskipun warna biru adalah yang paling terkenal, safir bisa saja tidak berwarna dan ditemukan dalam berbagai warna termasuk warna abu-abu dan hitam.

Nilai safir alami bervariasi tergantung pada warna, kejernihan, ukuran, potongan, dan kualitas secara keseluruhan -serta asal geografisnya. Cadangan safir yang signifikan ditemukan di Australia Timur, Thailand, Sri Lanka, China (Shandong), Madagaskar, Afrika Timur, dan di Amerika Utara dalam beberapa lokasi, terutama di Montana. Safir dan rubi sering ditemukan dalam lingkungan geografis yang sama, tetapi salah satu permata biasanya lebih berlimpah di salah satu situs.

Safir ditambang dari endapan aluvial atau dari eksploitasi bawah tanah utama. Lokasi penambangan komersial untuk safir dan ruby ​​meliputi (namun tidak terbatas pada) negara-negara berikut: Afghanistan, Amerika Serikat, Australia, China, India, Kamboja, Kenya, Kolombia, Laos, Madagaskar, Malawi, Myanmar/Burma, Nepal, Nigeria, Pakistan, Sri Lanka, Tajikistan, Tanzania, Thailand, dan Vietnam. Safir dari lokasi geografis yang berbeda bisa jadi memiliki penampilan atau konsentrasi kotoran kimia yang berbeda, dan cenderung mengandung berbagai jenis inklusi mikroskopis. Karena itu, safir dapat dibagi menjadi tiga kategori: metamorf klasik, metamorf non-klasik atau magmatik, dan magmatik klasik.

Safir dari lokasi tertentu, atau kategori tertentu, mungkin secara komersial lebih menarik daripada yang lain, safir metamorf yang sangat klasik dari Kashmir (India), Burma, atau Sri Lanka belum mengalami pengolahan panas.

Obsidian Safir


Salah satu penerapan safir sintetis adalah kaca safir yang sering disebut kaca biru karena safir berwarna biru. Di sini kaca adalah istilah awam yang tidak merujuk kepada kondisi amorf, tetapi untuk transparansi. Safir tidak hanya sangat transparan terhadap panjang gelombang cahaya antara 150 nm (UV) dan 5500 nm (IR) (mata manusia dapat membedakan panjang gelombang dari sekitar 380 nm sampai 750 nm [50]), tetapi juga luar biasa anti gores. Safir memiliki nilai 9 pada skala kekerasan mineral Mohs.

Manfaat kunci dari obsidian safir adalah:

Band transmisi optik yang sangat luas dari UV ke nyaris inframerah, (0,15-5,5 m)
Secara signifikan lebih kuat dari bahan optik atau kaca standar
Sangat tahan terhadap goresan dan abrasi (9 skala Mohs, substansi alami yang paling keras nomor 3 sebelah moissanite dan berlian)
Suhu leleh yang sangat tinggi (2030 ° C)
Jadi yang disebut “kaca safir” mengacu pada safir kristal yang digunakan sebagai kaca atau penutup optik. Beberapa kaca terbuat dari boule safir murni yang tumbuh pada orientasi kristal tertentu, biasanya di sepanjang sumbu optik, c-axis, untuk refraksi ganda minimum untuk aplikasi. Boule diiris sampai ketebalan kaca yang diinginkan dan akhirnya dipoleskan ke permukaan yang diinginkan. Kaca optik safir dapat dipoles untuk berbagai permukaan karena struktur kristal dan kekerasannya. Permukaan kaca optik biasanya disebut spesifikasi scratch-dig sesuai dengan spesifikasi MIL-O-13830 yang diadopsi secara global.

Magical Mirror X5 yang diproduksi oleh perusahaan China Desay merupakan smartphone pertama yang menggunakan layar kaca safir. Sebelumnya kaca safir digunakan misalnya pada Apple Touch ID of the iPhone 5s, iPhone 6, dan iPad mini 3. Juga, cover safir telah digunakan untuk kamera belakang di setiap iPhone 5 atau yang lebih baru, dan setiap iPod Touch (generasi ke-5) atau yang lebih baru.

Kaca safir digunakan dalam ruang bertekanan tinggi untuk spektroskopi, kristal dalam berbagai jam tangan, dan kaca pada barcode scanner toko kelontong karena kekerasan dan ketangguhan material ini yang luar biasa yang membuatnya sangat tahan terhadap goresan.

Bahan ini juga digunakan pada kaca ujung pada beberapa tabung laser bertenaga tinggi karena transparansinya yang besar dan konduktivitas termalnya memungkinkan untuk menangani kepadatan daya yang sangat tinggi dalam spektrum infra-merah atau UV tanpa pecah akibat pemanasan.

Safir sintetis


Pada tahun 1902, kimiawan Perancis Auguste Verneuil mengembangkan proses untuk memproduksi kristal safir sintetis. Dalam proses Verneuil, dinamai sesuai namanya, serbuk alumina halus ditambahkan ke api oxyhydrogen, dan diarahkan ke bawah terhadap jubah. Alumina dalam nyala secara perlahan disimpan, menciptakan titik air mata berbentuk “boule” dari material safir. Dopan kimia dapat ditambahkan untuk menciptakan ruby versi buatan, dan semua warna alami safir lainnya, dan di samping itu, warna lain yang tak pernah terlihat dalam sampel geologi. Bahan safir buatan identik dengan safir alami, kecuali dapat dibuat tanpa kelemahan yang ditemukan dalam batu alam.

Kekurangan dari proses Verneuil adalah bahwa kristal dewasa memiliki strain internal yang tinggi. Banyak metode manufaktur safir saat ini adalah variasi dari proses Czochralski, yang diciptakan pada tahun 1916 oleh kimiawan Polandia Jan Czochralski. Dalam proses ini, biji kristal safir kecil dicelupkan ke dalam wadah yang terbuat dari iridium logam mulia atau molybdenum, yang mengandung alumina cair, dan kemudian perlahan-lahan ditarik ke atas dengan kecepatan 1 sampai 100 mm per jam. Alumina mengkristal pada akhirnya, menciptakan kembangan berbentuk wortel panjang dengan ukuran besar hingga 200 kg.

Safir sintetis juga diproduksi secara industrial dari aluminium oksida teraglomerasi, disinter dan disatukan (seperti dengan tekanan isostatik panas) dalam atmosfer yang kurang reaktif, menghasilkan produk polikristalin transparan tapi sedikit berpori.

Pada tahun 2003 produksi safir sintetis dunia mencapai 250 ton (1,25 × 109 karat), sebagian besar oleh Amerika Serikat dan Rusia. Ketersediaan safir sintetis murah membuka banyak kegunaan industri untuk bahan yang unik ini:

Laser pertama dibuat dengan tongkat ruby ​​sintetis. Laser titanium-safir populer karena kapasitasnya yang relatif jarang yang harus disetel untuk berbagai panjang gelombang di wilayah merah dan dekat-inframerah dari spektrum elektromagnetik. Mereka juga dapat dengan mudah di-mode-locking. Dalam laser ini sebuah kristal safir sintetis yang diproduksi dengan krom atau titanium kotoran disinari dengan cahaya yang kuat dari lampu khusus, atau laser yang lain, untuk membuat emisi terstimulasi.

Substrat safir sintetis berkualitas tinggi yang digunakan dalam nanoteknologi sering disebut Blue Glass, karena warna birunya.


Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form