Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Secara Resmi Membuka Pendaftaran Pendamping Desa Secara Online

Sindopos.com - Rekrutmen Pendamping Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Online.

Halaman Beranda Rekrutment Pendamping Desa Online
Setelah beberapa hari lalu tanggal 15 Juli 2015 mengeluarkan Surat No 284/BPMD.1/dit.V/VII/2015 kepada seluruh Kepala BPMD Provinsi diseluruh Indonesia tentang Rekrutmen Tenaga Pendamping Proffesional dalam rangka Pelaksanaan Undang - Undang Desa. Dalam surat tersebut dijelaskan tentang mekanisme, kebutuhan tenaga pendamping serta petunjuk pelaksanaan perekrutan pendamping desa yang ditanda tangani langsung oleh Dirjen BPMD Kemendes.

Terkait dengan pelaksanaan dan tindak lanjut surat tersebut pada hari ini jumat 24 Juli 2015 secara resmi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melaunching situs untuk perekrutan pendamping secara online di http://pendamping.kemendesa.go.id.

Dengan demikian bagi masayarakat Indonesia yang berminat untuk bergabung menjadi tenaga pendamping pelaksanaan UU desa bisa mengakses dan mengisi form yang telah disediakan. Berikut tampilan formulir yang harus diisi oleh pendaftar:
Form Pendafataran Rekrutment Pendamping Pelasanaan UU Desa
Dengan adanya situs ini diharapkan bila pendaftar dapat melakukan registrasi serta memantau data pendaftarannya secara online. Jika pendaftar sukses melakukan E-Filling perekrutan tenaga pendamping pelaksanaan UU desa maka akan tampak pada gambar di bawah ini
Tampilan Sukses Melakukan Pendaftaram
Sambil menunggu tindak lanjut perekrutan pendamping Desa dari masing - masing Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa di setiap provinis dan kabupaten/Kota. Calon pendamping dapat mengakses beberapa Update Info Dibawah ini :
  1. Surat Dirjen BPMD No 284/BPMD.1/dit.V/VII/2015 tentang Rekrutmen Tenaga Pendamping Proffesional dalam rangka Pelaksanaan Undang - Undang Desa.
  2. Revisi Surat No 205/BPMD-1/DITV/VII/2015 tentang Rekrutmen Tenaga Pendamping Proffesional dalam rangka Pelaksanaan Undang - Undang Desa.
  3. Lampiran Revisi Surat No 205/BPMD-1/DITV/VII/2015 tentang Penjelasan Teknis Perekrutan Pendamping Desa (Lampiran Surat Dirjen BPMD Tanggal 24 Juli).
  4. Persiapan - Persiapan Materi Pendampingan Masyarakat Untuk Menjadi Fasilitator Yang Proffesional Menyongsong Implementasi UU Desa.
  5. Infografis Peraturan Perundang - undangan Pendukung Pelaksanaan UU desa N0 6 Tahun 2014 tentang desa.
Selain penjelasan diatas, sebaiknya Calon pendamping Desa juga memahami Legal Formal dan peraturan pendukung lainnya terkait implementasi UU Desa baik dari sisi pemahaman tentang desa, kewenangan, pendanaan serta mekanisme pendampingan oleh tenaga fasilitator. Berikut ini adalah beberapa peraturan pendukung implementasi UU Desa yang sudah disahkan.

  1. Permendesa nomor 1 Tahun 2015 
  2. Permendesa nomor 2 Tahun 2015
  3. Permendesa nomor 3 Tahun 2015
  4. Permendesa nomor 4 Tahun 2015 
  5.  Permendesa nomor 5 Tahun 2015 

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait mekanisme danimplementasi UU Desa silahkan lihat video dibawah ini :

Selamat bergabung menjadi Tenaga Pendamping Masyarakat dalam rangka mensukseskan implementasi UU Desa. Go a Head (Agus Hariyanto)

Post a Comment

  1. terima kasih infonya bos...
    tapi form pendaftaran on line nya koq belum bisa di buka ya...

    ReplyDelete
  2. di situsnya kok tertulis kalau aplikasi registrasi pendamping desa online telah berakhir?
    kapan mulai dibuka lagi?

    ReplyDelete
  3. Terima kasih Banyak Gan Informasinya!

    ReplyDelete
  4. Info terakhir tanggal 5 Agustus akan ditutup. Tetapi belum pasti silahkan pantau terus www.sindopos.com untuk perkembangan informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf pak, database nya eror itu kenapa ya pak? setiap login pasti database eror.... terimakasih

      Delete
    2. Saya nyoba bisa. Sudah punya pin nya. Silahkan melakukan sign up terlebih dahulu

      Delete
  5. banyak eror nya
    yang buat data base g da tanggung jawab wat perbaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mugkin masih step pendaftaran yang belum lengkap. Registrasi bisa berjalan dengan baik tanpa ada masalah jika registrasi dilakukan dengan benar

      Delete
  6. Untuk wilayah jawa timur, silahkan baca iklan lowongan pekerjaan terkait perekrutan pendamping desa di Harian Jawapos hari ini. 8 Agustus 2015

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk via online pengumumannya harus buka situs apa mas admin? karena untuk cari koran agak sulit, apalagi korang yang sudah lewat tanggalnya

      Delete
  7. saya pernah ikut seleksi tapi ternyata banyak kecurangan dan kemunafikan akhirnya males ikut seleksi lagi selamat tinggal P3MD.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Contact Form