Profil Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur

Sindopos.com - Profil Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur

 

 

Kecamatan Tulakan merupakan salah satu bagain dari 12 Kecamatan yang berada di Kabupaten Pacitan dengan jarak 25 Km arah ketimur Kabupaten Pacitan dan berada pada ketinggian antara 200 sampai dengan 700 meter di atas permukaan laut. Kecamatan Tulakan terletak pada koordinat lat 8°10′13″ S dan long 111°16′39″ E, dengan struktur tanah merupakan dataran tinggi yang merupakan daerah pegunungan kapur.

Luas Kecamatan Tulakan adalah 16.161,48 Ha. dan merupakan Kecamatan terluas dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pacitan serta mempunyai jumlah penduduk paling banyak bila dibandingkan dengan jumlah penduduk yang berada di Kecamatan lain di Kabupaten Pacitan. Dengan 16 desa yang ada di Kecamatan Tulakan, berarti rata-rata luas tiap desa sebesar 1.010,09 Ha.


Secara adnministratif wilayah Kecamatan Tulakan mempunyai batas-batas wilayah sebagai berikut :

- Sebelah Utara        : Kecamatan Tegalombo dan Kabupaten Ponorogo.

- Sebelah Timur        : Kecamatan Ngadirojo

- Sebelah Selatan      : Samudra Indonesia

- Sebelah Barat         : Kecamatan Kebonagung



Wilayah Kecamatan Tulakan terbagi menjadi 16 Desa dengan rincian sebagai berikut :

1.   Desa Jetak

2.   Desa Nglaran

3.   Desa Wonoanti

4.   Desa Padi

5.   Desa Kluwih

6.   Desa Bungur

7.   Desa Tulakan

8.   Desa Jatigunung

9.   Desa Gasang

10. Desa Kalikuning

11. Desa Ngile

12. Desa Bubakan

13  Desa Losari

14. Desa Ngumbul

15. Desa Wonosidi

16. Desa Ketro


Kecamatan Tulakan berpotensi dibidang pertanian, perkebunan khususnya cengkeh, kakao, kelapa, melinjo dan hasil hutan yang berupa kayu-kayuan serta pariwisatanya khususnya wisata bahari dan wisata alam dengan curah hujan mencapai 2.549 Mm per tahun dan suhu rata-rata 26C.

Kecamatan Tulakan dibagi menjadi 97 Dusun, 202 Rukun Warga (RW) dan 537 Rukun Tetangga (RT). Sedangkan jumlah penduduk yang tinggal di Kecamatan Tulakan pada akhir Juli 2010 sebanyak 84.826 jiwa dengan komposisi jenis kelamin laki-laki sebanyak 42.322 jiwa dan perempuan sebanyak 42.504 jiwa.

Di Kecamatan Tulakan terdapat beberapa obyek wisata antara lain gua Somopuro, gua Penthung, gua Jeblokan, dan gua Surupan serta wisata bahari berupa pantai Pidakan di Desa Jetak. Sedangkan produk unggulan berupa durian, cengkeh, kelapa dan gula merah.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form