119 Ribu Pemilih Di Pacitan Golput

Proses rekapitulasi suara tingkat kabupaten di Pacitan
(Foto :kabarpacitan.com)
Pacitan,kabarpacitan.com-Partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 menunjukkan tren peningkatan dibanding pesta demokrasi terakhir Pemilihan Kepala Daerah pada tahun lalu. Meski meningkat sekitar 6% namun target partisipasi pemilih secara nasional di kota berjuluk 1001 gua tidak tercapai.

“ Partisipasi masyarakat pemilih meningkat meskipun tidak mampu memenuhi target nasional sebanyak 77 %. Di Pacitan sudah mendekati target nasional dan berada diangka 74,62 %,” kata Ketua KPU Pacitan Damhudi pada sejumlah wartawan.
  
Damhudi menjelaskan angka golput atau jumlah pemilih yang tidak menyalurkan hak suaranya mencapai ratusan ribu jiwa. Ada beragam penyebab mengapa masyarakat pemilih tidak menggunakan hak suara pada pemilihan umum tahun ini.

“ Dari total 471.061 pemilih, sebanyak 119. 573 diantaranya golput. Alasannya bermacam-macam. Namun sebagian besarnya adalah masyarakat yang berada di tempat perantauan sehingga tidak bisa menggunakan hak suaranya,” tambahnya.

Pemilihan Umum serentak Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif di Pacitan telah menyelesaikan proses rekapitulasi di tingkat kabupaten. Penetapan calon terpilih caleg DPRD Pacitan bakal dilaksanakan pada 22 Mei mendatang.

@redaksikabarpacitan.com


No comments for "119 Ribu Pemilih Di Pacitan Golput "