Sindopos.com - Wisata Pantai Taman Pacitan Dengan Konservasi Penyu Dan Flying Fox

 
Wisata Pantai Taman Pacitan
Wisata Pantai Taman Pacitan

 

Wisata Pantai Taman Pacitan yang letaknya di sebelah barat Pantai Kunir. Wisata Pantai Taman Pacitan  ini terletak di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Jika di tempuh dari Jogja masuk ke jalur Lintas Selatan Pacitan yang nantinya sebelum Pertigaan besar Hadiwarno ada plakat di kanan jalan menuju Wisata Pantai Taman Pacitan. Jika dari arah Timur ada di kiri jalan. Jalan kearah pantai pun sudah bagus dan dekat, bisa di lalui oleh mobil maupun bus yang cukup besar. 

Baca Juga : Pantai Pidakan Pacitan Yang Indah Mempesona

Pantai taman ini sangatlah panjang dari ujung timur sampai ujung barat, dan di sebelah timur pantai ada danau kecil yang kemarin bilangnya buatan atau bendungan dari oaring pacitan yang di dekat danau itu ada sumber mata air, dan di danau itu berair payau (campuran dari air laut dan tawar). 



Konservasi Penyu di Wisata Pantai Taman Pacitan

Wisata Pantai Taman Pacitan
Wisata Pantai Taman Pacitan


Pesisir Wisata Pantai Taman Pacitan, desa Hadiwarno kecamatan Ngadirojo adalah salah satu kawasan pesisir yang sering digunakan Penyu untuk bertelur. Ada beberapa spesies penyu yang sering bertelur dikawasan ini, yaitu : penyu hijau, penyu abu-abu, penyu sisik dan penyu blimbing. Penyu merupakan kelompok hewan purba, hewan ini telah ada 100 juta tahun yang lalu. Hampir semua jenis penyu termasuk ke dalam daftar hewan yang dilindungi oleh undang-undang nasional maupun internasional.

Saat ini penyu dalam kondisi yang mendekati kepunahan, dibeberapa tempat di Indonesia penyu diburu untuk diambil daging maupun telurnya. Sejak lama keadaan masyarakat Dusun Taman terkait wawasan tentang penyu tidak banyak yang mengetahui hal tersebut, jadi ketika penyu mendarat di pesisir untuk bertelur, hal yang dilakukan masyarakat adalah penyu tersebut ditangkap dan diperjual belikan dengan bebas. 



Flying Fox di Wisata Pantai Taman Pacitan

Wisata Pantai Taman Pacitan
Wisata Pantai Taman Pacitan


Disebelah barat ada tebing tinggi yang di atasnya adalah Start dari jalur Flying Fox terpanjang di Indonesia. Wahana ini di resmikan oleh Bupati Pacitan yang pasnya tanggal 9 september 2013.

Wahana ini meluncur di pinggir pantai Taman dan di atas Tempat Wisata Konservasi Penyu. Flying Fox ini panjangnya 415 meter, dengan ketinggian 74 meter, kekuatan teknik 2.5 ton, dengan kecepatan luncur 50km, dan waktu yang di tempuh adalah 30 detik yang dilengkapi dua jalur kabel yg menurut pengelola masing-masing berkekuatan 2500 kg.

 

 

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini