Sindopos.com - Profil Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur

 

Wilayah Kecamatan Nawangan terletak disebelah timur laut Kota Pacitan dan merupakan daerah perbatasan antara Propinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan jarak Ibu Kota Kecamatan dan Ibu Kota Kabupaten Pacitan sejauh 24 Km. Sedangkan Desa yang terletak didaerah perbatasab yaitu : Desa Gondang Mujing, Sempu, Nawangan Tokawi, Jetis Lor, Penggung, Pakis Baru dan Desa Ngromo. Dengan batas wilayah sebelah utara Kecamatan Jatirogo, Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri, sebelah Timur Kecamatan Bandar, Sebelah selatan Kecamatan Arjosari dan sebelah Barat Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Wonogiri.

Kecamatan Nawangan merupakan daratan tinggi dan pegunungan  dengan luas 64,96 km atau 48,98 dari wilayah kecamatan terletak pada ketinggian 500-1000 m dpl, dan61,96 atau 51,02 % pada ketinggian lebih dari m dpl.

Faktor iklim dan curah hujan di wilayah Kecamatan Nawangan dipengaruhi oleh kondisi geografis yang sebagian besar terdiri dari perbukitan dan curah hujan rata-rata berkisar 1.921 mm/tahun dan suhu udaraantara 22º C sampai dengan 26º C.

Kondisi Hidrologi di Wilayah Kecamatan dilalui oleh sungai yang berhulu dibagian utara dan pada umumnya sungai-sungai tersebut digunakan untuk keperluan PDAM.pengairan sawah, mandi dan cuci.

Kecamatan Pringkuku terbagi menjadi 9 Desa  :

1     DESA   GONDANG
2     DESA   MUJING
3     DESA   SEMPU
4     DESA   NAWANGAN
5     DESA   TOKAWI
6     DESA   JETIS LOR
7     DESA   PENGGUNG
8     DESA   PAKIS BARU
9     DESA   NGROMO

 

Post a Comment

Powered by Blogger.