Sindopos.com - Profil Desa Sedarat Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

 
Profil Desa & Kelurahan, Desa Sedarat Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo
Profil Desa & Kelurahan, Desa Sedarat Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

 

Kondisi Desa Sedarat Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo


Sejarah Desa Sedarat Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

ASUL – USUL DESA SEDARAT

Setiap desa atau daerah pasti memiliki sejarah yang merupakan pencerminan dari karekter dan ciri khas tertentu dari suatu desa. Sejarah desa atau daerah seringkali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun temurun dari mulut kemulut yang sulit dibuktikan dengan fakta. Dongeng-dongeng tersebut sering dihubungkan dengan mitos – mitos tertentu yang dianggap keramat, dalam hal ini Desa SEDARAT juga memiliki hal tersebut yang merupakan identitas dari desa tersebut yang akan dituangkan dalam kisah-kisah dibawah ini :

Menurut cerita asal mula Desa Sedarat; dulu ada seorang keturunan ningrat dari Bayat yang bernama NOLO  yang berkelana bersama istri dan anaknya kemudian mereka menemukan tanah rawa, mereka merasa putus asa dan menangis (merengguk ). Kemudian tempat itu dinamakan Rengguk. Perjalanan dilakukan kesebelah selatan dan menemukan tanah gundukan (genukan ), yang selanjutnya tempat tersebut dinamakan Genuk.Nolo pun melanjutkan perjalanannya ke selatan dan menemukan sungai yang membentang ( kali mujur) sehingga tempat itu diberinama Kalimujur.Lalu mereka melanjutkan babat hutan kearah Timur , disanalan mereka menemukan tempat yang cocok untuk tempat tinggal.Tempat ini selanjutnya menjadi Pusat pemerintahan yang dikenal dengan sebutan daerah Krajan. Asal mula Desa Sedarat diambil dari “ Sadar Akhirat”. Desa ini memiliki wilayah seluas 2827 hektar terdiri dari 4 Dusun yaitu Dusun Krajan, Dusun Kalimujur, Dusun Genuk, dan Dusun Prengguk.Sebelah Utara berbatasan dengan Desa  Purworejo dan Desa Tatung, sebelah barat Desa Sendang dan Dadapan, sebelah selatan Desa Jalen dan sebelah Timur Desa Karangmojo.

Nolo dan pengikutnya menetap didaerah Krajan hingga meninggal dunia dan dimakamkan derah Krajan Sebelah Timur. Makam itu dikenal dengan sebutan Sedhan yang diambil dari bahasa Kawi yang bererti kematian.Nolo meninggalkan 3 orang anaknya yaitu Porekso , Dimejo dan Palang. Sepeninggal Nolo, Sahabat karibnya juga ikut meninggal karena sedih (Nglangut) . Sehingga sampai saat ini makamnya dikenal dengan nama Ndulangut.


Sejarah Pemerintahan Desa Sedarat

Setelah beberapa lama kemudian Desa Sedarat terus berkembang dan perlu adanya pemimpin. Masyarakat Desa mengangkat beberapa Lurah sebagai pimpinannya antara lain :

1    Lurah Palang    -    -
2    Lurah Bedor    -    -
3    Lurah Kecek    -    -
4    Lurah Carik    1813-1820    -
5    Lurah Karso    1820-1829    -
6    Lurah Mangundiharjo    1929-1964    -
7    Kepala Desa Denan    1964-1990    -
8    Kepala Desa Suseno    1990-1998    -
9    Kepala Desa Mujiono    1998-2006…s/d Sekarang    2 peroide




Demografi Desa Sedarat Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

Geografis Desa Sedarat 
Desa Sedarat terletak disebelah selatan sekitar 12 km dari Kota Ponorogo. Desa Sedarat memiliki luas 282,7 ha, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :

BATAS DESA
Sebelah Utara    :  Desa Purworejo
Sebelah Selatan  :  Desa Jalen
Sebelah Timur    :  Desa Karang mojo
Sebelah Barat    :  Desa Sendang
 

 

 

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini