Sindopos.com - Profil Desa Purworejo Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

 
Profil Desa & Kelurahan, Desa Purworejo Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo
Profil Desa & Kelurahan, Desa Purworejo Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

 

Kondisi Desa Purworejo Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo


Sejarah Desa Purworejo Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

ASAL-USUL DESA PURWOREJO

Akibat kalah perang dengan Belanda P. Diponegoro dan para prajurit serta sentono Mataram pada waktu itu memilih melarikan diri dan menempuh perang gerilya.

Para sentono Kerajaan Mataram inilah yang menjadi cikal bakal terjadinya desa Purworejo. Alkisah para sentono Kerjaan Mataram yang  merupakan pengikut P.Diponegoro yang merupakan trah Tembayat melarikan diri karena kalah perang dengan Belanda. Pelarian para sentono ini sanpai pada suatu daerah sebelah tenggara gunung Pegat dan sebelah selatan gunung Doroloko.

Pada waktu itu ada dua sentono Kerajaan yang menetap di daerah itu,mbah Joyo Sentono dan mbah Kistorogo. Mbah Joyo Sentono membangun sebuah desa Klepu dan mbah Kistorogo membangun desa sedarat lor. Oleh masyarakat kedua Petilasan tersebutt masih dianggap sakral dan masih terawat kebeadaannya. Karena perkembangan zaman kedua desa tersebut menjadi satu.

Demikian kurang lebihnya cerita para sesepuh tentang terjadinya desa Purworejo. Adapun desa Purworejo terdiri  dari empat dukuhan yaitu :
1.    Dukuh Klepu
2.    Dukuh Sedarat lor
3.    Dukuh Patihan
4.    Dukuh Bangun Asri



Sejarah Pembangunan Desa Purworejo Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

Pada masa lalu mengenai pembangunan desa masih banyak yang sifatnya gotong rayong. Dalam pembangunan desa Purworejo sejak kepemimpinan Lurah Nyadi, Purworejo berasal dari swadaya gotong royong masyarakat sendiri dan dengan mudah masyarakat diajak bekerja yang sifatnya gotong royong, namun lama kelamaan lebih-lebih masa revormasi seperti sekarang ini sifat gotong royong tersebut makin lama makin berkurang.


Pembangunan Masa Kini Desa Purworejo Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

Dengan adanya warga masyarakat banyak yang sudah mengikuti pelatihan dalam bidang pembangunan desa ( Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa ) yang disebut KPMD, maka pembangunan masa kini di desa Purworejo tidak hanya dikelola LKD saja, tetapi KPMD juga turut serta terjun dalam pembangunan desa.
Desa Purworejo pernah mendapat dana PPK ( Program Pengembangan Kecamatan ) baik yang berupa fisik maupun pengembangan ekonomi produktif. Disamping itu juga mendapat program PKS – BBM, Gerham yang semuanya itu untuk peningkatan pelayanan dan ekonomi masyarakat desa Purworejo.

Kami sangat bersyukur bahwa setiap tahun mendapat Dana Subsudi Desa dan untuk tahun 2011ini nilainya bertambah dibanding dari tahun sebelumnya. Namun walaupun setiap tahun mendapatkan Dana Subsidi Desa namun belum terlihat adanya pembangunan dikarenakan di Desa Perworejo banyak sarana dan prasarana yang rusak, sehingga pembangunan belum bisa merata ke semua dusun, maka desa Purworejo mengajukan pembangunan ini melalui dokumem RPJMD ini.



Potensi Desa Purworejo Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo


Letak Geografis Desa Purworejo Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

Desa purworejo terletak di ketinggian antara 100-200 m di atas permukaan laut (dpl), dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :

a. Sebelah Utara     : Desa Tatung, Kecamatan Balong
b. Sebelah Timur     : Desa Ngampel, Kecamatan Balong
c. Sebelah Selatan     : Desa Sedarat, Kecamatan Balong
d. Sebelah Barat     : Dusun Prengguk, Desa Sedarat, Kecamatan Balong

Sedangkan letak kondisi desa Purworejo adalah sebagai berikut:
    a. Jarak dari Ibu Kota Kecamatan     : 3 km
    b. Jarak dari Ibu kota Kabupaten     : 13 km
    c. Bentang Alam             : Dataran



Kondisi Fisik Desa Purworejo Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

Secara umuim kondisi fisik desa Purworejo memiliki kesamaan dengan desa-desa  lain di wilayah kecamatan Balong. Desa Purworejo merupakan daerah dengan ketinggian kurang lebih 100-200 m di atas permukaan laut dengan luas wilayah 211.945 Ha yang terdiri dari : 

a. Pemukiman/pekarangan         : 15.7 Ha
b. Sawah                                  : 125.57 Ha
c. Ladang                                 : 16 Ha
d. hutan Negara                        : ---
e. Lainnya                                 : 2.00 Ha
 

 

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini