Download Materi dan Kurikulum Pelatihan Pra Tugas Pendamping Desa.

Sindopos.com - Pendampingan Desa, Siap bertugas !. Download Materi Pelatihan Pra Tugas Pendamping Desa. 
Download Materi Pelathan Pra Tugas Pendamping Desa
Dowload Materi Pelathan Pra TugasPendamping Desa

Amanat Undang-undang Desa, dalam pasal 112 ayat 4 menjelaskan bahwa pemberdayaan masyarakat Desa dilaksanakan dengan pendampingan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan pembanggunan Desa dan kawasan Perdesaan. Pendampingan termaksud penyediaan sumber daya manusia pendamping dan manajemen.
Pendampingan Desa adalah kegiatan untuk melakukan tindakan pemberdayaan masyarakat, pengarahan dan fasilitasi Desa (Permen Desa, PDT dan Transmigrasi Nomor 3 tahun 2015). Defenisi lainya, Pendampingan Desa adalah kegiatan untuk melakukan tindakan pemberdayaan masyarakat melalui asistensi, pengorganisasian, pengarahan dan fasilitasi desa dalam rangka menciptakan desa yang kuat, maju, mandiri dan demokratis. Pendampingan adalah konkritisasi dari pemberdayaan. Pemberdayaan di tataran ide dibutuhkan dalam pendampingan.

Sebelum Pendamping Desa Melaksanakan Tugasnya untuk mendampingi Desa, maka tenaga pendaping desa harus dibekali dengan kemampuan dasar berupa kemampuan Dasar - dasar, Konsep pemberdayaan masyarakat Desa dan Materi - materi pendukung lainnya. Kemampuan dasar fasilitasi akan diberikan pada saat pelatihan pra tugas pendamping desa. Berikut ini adalah kurikulum dan materi pelatihan Pra Tugas Pendamping Desa Yang Bisa Di Download untuk dipelajari.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form