Sindopos.com - Menyiapkan Diri Untuk Menjadi Pendamping Desa Proffesional, Download Materi Pelatihan Pra Tugas Pendamping Desa.
Materi_Pelatihan_Pra_Tugas_tenaga_ahli
Materi dan Kurikulum Pelatihan Pra Tugas Tenaga Ahli Pendamping Desa  P3MD

Amanat Undang-undang Desa, dalam pasal 112 ayat 4 menjelaskan bahwa pemberdayaan masyarakat Desa dilaksanakan dengan pendampingan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan pembanggunan Desa dan kawasan Perdesaan. Pendampingan termaksud penyediaan sumber daya manusia pendamping dan manajemen.
Tenaga Ahli Sebagai Fasilitator di Tingkat Kabupaten merupakan element penting dalam proses fasilitasi dan membantu proses pendampingan desa oleh Pendamping Desa (PD) di tingkat kecamtan dan Pendamping Lokal Desa (PLD) ditingkat Desa. Oleh karena itu setiap calon tenaga ahli harus memenuhi kualifikasi dan kompetensi sebagai sebagai seorang fasilitator dan juga sebagai pendamping ditingkat Kabupaten.

Sebelum Tenaga Ahli Pendamping Desa Melaksanakan Tugasnya untuk mendampingi Desa, maka Tenaga Ahli pendaping desa harus dibekali dengan kemampuan dasar berupa kemampuan Dasar - dasar, Konsep pemberdayaan masyarakat Desa dan Materi - materi pendukung lainnya. Kemampuan dasar fasilitasi akan diberikan pada saat pelatihan pra tugas pendamping desa. Berikut ini adalah kurikulum dan materi pelatihan Pra Tugas Pendamping Desa Yang Bisa Di Download untuk dipelajari.

1. Matrik Kurikulum Pelatihan Tenaga Ahli.
2. PB-1 Visi UU Desa
3. PB-2 UU Desa Dan Inklusi Sosial.
4. PB-3-Nomenklatur Desa Adat.
Download Materi dan Kurikulum Pelatihan Pra Tugas Pendamping Desa.
5. PB-4 Kewenangan Dan Produk Hukum Desa.
6. PB-5 Sistem Pembangunan Desa.
7. PB-6 Demokratisasi Dan Tata Kelola Desa.
Pedoman dan Informasi Pelaksanaan Pendampingan Desa
8. PB-7 Bumdes Dan Ekonomi Desa.
9. PB-8 Pengembangan Desa.
Download Landasan Hukum Lengkap Bagi Kerja Pendampingan Desa
10. PB-9 Pemberdayaan Masyarakat Desa.
11, PB-10 Peran Dan Strategi Tenaga Ahli

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini