Demokrat dan PDIP Stagnan, PKB Berjaya

Rekapitulasi suara terbuka KPU Pacitan (1/5).
(Foto : kabarpacitan.com)
Pacitan,kabarpacitan.com- Rekapitulasi suara di tingkat kabupaten telah tuntas. Meski Komisi Pemilihan Umum Pacitan belum menentukan jumlah perolehan kursi masing-masing partai politik namun berdasarkan hasil rekap suara siapa pemilik 45 kursi DPRD Pacitan sudah bisa ditebak.

“Belum (menentukan perolehan kursi). Tunggu sampai penetapan calon terpilih 22 Mei mendatang,” jelas Ketua KPU Pacitan Damhudi saat dihubungi melalui pesan singkat.

Merujuk pada hasil rekapitulasi, Partai Demokrat harus puas dengan perolehan kursi yang sama seperti periode 2014-2019. Berdasarkan hitungan rekapitulasi suara Partai Demokrat diprediksi kembali menempatkan 14 kadernya di DPRD. Partai berlambang bintang mercy ini gagal merebut satupun tambahan kursi DPRD Pacitan.

Hal serupa juga dialami Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Partai Gerindra, Hanura dan Partai PPP. Partai berlambang banteng moncong putih ini diperkirakan hanya berhasil mengamankan 6 kursi. Pun demikian dengan Partai Hanura yang mempertahankan perolehan 3 kursi. Sementara Partai Gerindra dan PPP bertahan dengan masing-masing 2 kursi.

Kondisi berbeda terlihat pada Partai Golongan Karya yang berhasil menambah 2 kursi. Tambahan kursi DPRD partai Golkar berada di Daerah Pemilihan 6 Kecamatan Tulakan-Kebonagung dan Dapil 3 Kecamatan Nawangan-Bandar dengan masing-masing menambah 1 kursi.

Sedangkan Dapil lainnya masih tetap tak banyak perubahan. Dengan tambahan ini Partai Golkar akan menempatkan 9 kader terbaiknya di Lembaga DPRD Tingkat II.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi satu-satunya parpol yang menunjukkan peningkatan signifikan. Jika pada periode 2014-2019 gagal total, kali ini PKB  berhasil merebut 5 kursi sekaligus. PKB memperoleh masing-masing 1 kursi di 5 Daerah Pemilihan berbeda. Yakni Dapil I Pacitan-Pringkuku, Dapil 2 Punung-Donorojo, Dapil 3 Nawangan-Bandar dan Dapil 4 Arjosari-Tegalombo serta Dapil 5 Ngadirojo-Sudimoro.

Partai terakhir yang berhasil menambah kursi adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS). PKS berhasil mengamankan 1 kursi di Dapil 5 Tulakan-Kebonagung dan merebut 1 dari 9 kursi di Daerah Pemilihan 1 Pacitan-Pringkuku.

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) harus menerima penurunan perolehan kursi dari 3 menjadi 2 kursi. Salah satu petahana Nasdem gagal mempertahankan kursinya di Dapil Pacitan 3.

Partai Amanat Nasional harus menerima kenyataan pahit. Karena 2 Caleg Incumbent PAN hampir dipastikan gagal mendapat satupun kursi.

Berikut ini perolehan kursi parpol berdasarkan rekapitulasi suara :

1.Partai Demokrat = 14 Kursi
2.Partai Golkar       = 9 Kursi
3.PDIP                       = 6 Kursi
4.PKB                        = 5 Kursi
5.Partai Hanura      = 3 Kursi
6.Partai Nasdem     = 2 Kursi
7.Partai Gerindra   = 2 Kursi
8.PKS                         = 2 Kursi
9.PPP                         = 2 Kursi

No comments for "Demokrat dan PDIP Stagnan, PKB Berjaya"