Unik! Masjid Sentono Genthong Miliki 9 Pintu Utama. Tertarik berkunjung?

Masjid sentono genthong miliki 9 pintu utama.
(Foto:kabar Pacitan)
Pacitan,kabarpacitan.com- Keindahan wisata bukit sentono genthong di Desa Dadapan, Pringkuku, Pacitan, tak diragukan lagi. Panorama alam yang eksotis akan memukau siapapun pengunjungnya. Namun tahukah anda jika di kawasan ini terdapat bangunan Masjid unik sarat akan makna.

Sepintas rumah Ibadah itu tampak biasa saja. Namun, jika diperhatikan seksama anda akan melihat perbedaan menonjol dari Masjid pada umumnya. Sarana Ibadah berukuran mini itu memiliki 9 pintu utama. Menariknya ukuran tiap pintunya sama lebar 80 centimeter dan tinggi 2 meter.

Selain 9 pintu pada 3 sisi berbeda, 4 menara kembar dan 1 kubah  membuat bangunan masjid makin nyentrik. Desain khas ini tak muncul begitu saja. Melainkan dilatari filosofi penuh makna.

“Masjid ini dibangun diatas tanah seluas 4x5 meter persegi. Jumlah pintu Masjid melambangkan 9 wali atau tokoh penyebar islam di tanah jawa paling dikenal masyarakat. Selain itu sebagai pengingat agar masyarakat senantiasa mengendalikan 9 hawa nafsu,” kata Katno, seorang pengelola wisata pada wartawan di lokasi.

Pemandangan menarik lainnya berupa 9 anak tangga tepat di depan Masjid. Saat ini progres pengerjaannya mencapai 80%. Bangunan tempat Ibadah senilai Rp 300 juta ini ditarget tuntas pada Desember mendatang. Wisatawan bisa menggunakan fasilitas Masjid sembari menikmati keindahan alam sentono genthong.

Reporter : Edwin Adji
Editor     : Sujarismanto

No comments for "Unik! Masjid Sentono Genthong Miliki 9 Pintu Utama. Tertarik berkunjung?"