Pencarian Nelayan Hilang, Terhadang Ombak Tinggi

(foto:KabarPacitan)
Pacitan(KabarPacitan.com)- Pencarian Agus Suwanto(30), seorang nelayan yang hilang tergulung ombak di Pantai Kunir, Sudimoro, Pacitan, terus dilakukan. Petugas Tim SAR gabungan bersama nelayan setempat berusaha menyisir sekitar lokasi kejadian. Ombak tinggi menjadi hambatan dalam proses pencarian. 

“ Ombak laut sedang tinggi, jadi menyulitkan proses pencarian. Penyisiran hanya dilakukan singkat saat gelombang bersahabat,” ujar Ratno, salah seorang nelayan Pantai Tawang, Sidomulyo, Pacitan. 

Ratno, menambahkan proses pencarian nelayan asal Desa Jetak, Tulakan, itu beberapa kali harus terhenti dengan pertimbangan keselamatan dan keamanan. Jika dipaksakan pun hanya akan membahayakan nelayan. 

“Upaya kita untuk mencari keberadaan korban tidak bisa maksimal. Sementara dihentikan dan menunggu gelombang normal,” pungkasnya.

Sementara itu Berdasarkan pemantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan, pada 24-27 Agustus terjadi peningkatan gelombang di Perairan Pacitan. Pada periode ini tinggi gelombang laut diprediksi mencapai 4-6 Meter dengan kecepatan angina 37 Km/jam. 

“Merujuk dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, tinggi gelombang laut ini sebagai imbas meningkatnya kecepatan angin timuran atau munson Australia yang mempengaruhi musim kemarau di Indonesia,”Kata Kepala Pelaksana BPBD Pacitan, Windarto, pada wartawan Jumat, (24/8/2018).

Di ketahui, kecelakaan menimpa dua orang nelayan Pacitan saat tengah mencari ikan pada kamis (23/8/2018) kemarin. Korban bernama Tumiat (48) Warga Dusun Tawang Kulon, Desa Sidomulyo, Ngadirojo, berhasil selamat. Sedangkan Agus Suwanto (30), Warga Dusun Godeg, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, dilporkan hilang.(ap/jo)

No comments for "Pencarian Nelayan Hilang, Terhadang Ombak Tinggi"