Benarkah Tsunami Pernah Melanda Pacitan?

(foto:KabarPacitan)
Pacitan,kabarpacitan.com- Kabupaten Pacitan dinyatakan sebagai salah daerah berisiko tinggi bencana gempa dan tsunami di Indonesia. Garis pantai sepanjang 74 kilometer yang berbatasan langsung dengan samudera hindia menempatkan daerah berujuluk kota 1001 gua pada zona merah gempa dan tsunami. 

“ Memang Indonesia ini rawan gempa dan tsunami. Dan Pacitan menjadi salah satu diantara ratusan Kabupaten/Kota yang ditetapkan sebagai Daerah berpotensi tinggi gempa dan tsunami,” Kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Dianita. 

Potensi Gempa bumi cukup jelas. Gempa berskala kecil hingga diatas 5 SR, berulangkali melanda Perairan Pacitan. Sedangkan peristiwa Tsunami belum ada sumber rujukan resmi, kendatipun sejumlah peneliti tanah air maupun Internasional pernah mengungkap Tsunami Pacitan berdasarkan temuan kandidat endapan tsunami purba di Perairan Kota Pacian.  

“ Catatan sejarah memang ada. Persisnya (tsunami) di Pacitan atau tidak kan kita iya tidak tahu. Itu menurut sejarah dan peneliti yang mengungkapkan. Dan lebih detailnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang berwenang memberikan keterangan resmi,” Tambah Dianita. 

Bencana alam tidak mengenal tempat ruang dan waktu. Sehingga potensi ancaman bencana perlu disikapi secara bijaksana. Bencana alam tidak untuk ditakuti. Tetapi masyarakat perlu mengetahui banyak hal tentang potensi bencana sebagai persiapan pengamanan diri untuk mengurangi resiko bencana alam. 

“Jadi kapan itu terjadi hanya Tuhan yang tahu. Terpenting kapasitas masyarakat mengenai potensi gempa dan tsunami perlu ditingkatkan sebagai langkah antisipasi secara dini,” pungkasnya. (jo)

No comments for "Benarkah Tsunami Pernah Melanda Pacitan?"