Indonesia Menangkan Olimpiade Lingkungan Hidup di Nairobi

Sindopos.com - Tim Indonesia Dari Siswa - Siswa SMA Kesatuan Bangsa School, Yogyakarta Menangkan Olimpiade Lingkungan Hidup.
Indonesia-menangkan-olimpiade-lingkungan-hidup-d-Nairobi.jpg

Nairobi –  “Kami berdebar-debar menunggu pengumuman hasil penilaian”, demikian kata Alvin Rahmat Setiawan, anggota tim olimpiade dari SMA Kesatuan Bangsa School, Yogyakarta pada saat menunggu pengumuman pemenang di Nairobi (2/5/2016). Ternyata, tim dari Kesatuan Bangsa School meraih medali emas. 

Ajang kompetisi yang diselenggarakan keenam kalinya tersebut diikuti oleh sekolah-sekolah dari 27 negara. 151 karya ilmiah bertema lingkungan hidup dipresentasikan oleh para peserta. Kompetisi yang berlangsung tanggal 30 April sampai dengan 2 Mei 2016 ini diselenggarakan oleh “Light Academy”, sebuah sekolah internasional di Nairobi. 

Peserta Indonesia terbagi dalam dua tim. Tim pertama mempresentasikan genteng berbahan baku sampah plastik. Karya ini ditawarkan sebagai bagian dari upaya daur ulang sampah. “Bahan baku genteng dari di lingkungan sekitar yang mudah dicari dan murah”, kata Sultan Arya M.H., siswa kelas 1 SMA Kesatuan Bangsa School.

Tim kedua memaparkan proses pembuatan minyak kelapa dengan proses ramah lingkungan. Pembuatan minyak kelapa dengan air cuka ini memperoleh medali perunggu.

[ads-post]
Olimpiade ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran generasi muda terhadap isu-isu lingkungan hidup dan sains.  Kegiatan dikemas dalam kompetisi dengan peserta anak-anak usia sekolah dasar dan menengah.  

Di hadapan dewan juri, para siswa sekolah menengah dari berbagai negara tersebut memaparkan berbagai karya penelitian masing-masing. Perlombaan dibagi ke dalam kategori energi, teknik, lingkungan hidup, desain ramah lingkungan, pertanian dan anak-anak.

Duta Besar RI Nairobi, Soehardjono Sastromihardjo menyampaikan penghargaan atas capaian tim Indonesia tersebut. “Isu lingkungan hidup merupakan salah satu bidang tugas yang ditangani oleh KBRI Nairobi”, tambah Dubes Soehardjono Sastromihardjo. 

“Disamping diakreditasikan untuk Kenya dan negara-negara sekitar, KBRI Nairobi juga merangkap sebagai Perwakilan RI untuk Badan PBB yang menangani lingkungan hidup (UNEP) dan pemukiman (UN-Habitat)”, jelas Soehardjono Sastromihardjo. “Saya harapkan, ke depan, semakin banyak anak-anak Indonesia yang ikut berkompetisi dalam berbagai ajang internasional’, lanjutnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form