Apakah Ada Alkohol Yang Tidak Haram?

Sindopos.com - Ibu & Anak; Dalam Tisu Basah Yang Digunakan Membersihkan mulut Galon Itu Mengandung Alkohol. Haram atau Halal kah Alkohol Itu?

Tisu Pembersih Galon
Tisu Pembersih Galon
Setiap kita akan mengganti Galon Air Mineral tentu di sekitar tutup botolnya dibersihkan dengan tissue terlebih dahulu. Tisu yang diberikan ketika mengisi galon mengandung alkohol yang bisa di gunakan untuk membunuh baktery. Cara terbaik untuk membersihkan galon adalaha dengan membersihkan dibagian mulut galon, karena bagian itu yang masuk kedalam dispenser, bukan badannya yang diberikan alkohol.

Setelah kita cermati tissue pembersih tersebut mengandung cairan beraroma ethanol (alkohol). Nah, apabila di sekitar mulut botol yang dibersihkan itu masih tersisa butir-butir cairan (beralkohol) tersebut, dan pada saat membalikkan botol kemudian ikut terlarut dalam air mineral yang akan kita minum, maka bagaimana hukum meminum air mineral tersebut, padahal alkohol yang ikut terlarut sedikit?

Yang Menjadi Pertanyaan adalah, apakah kemudian Alokohol menempel pada mulut galon tersebut dan larut dalam air itu Najis? Haramkah alkohol yang ikut terminum itu. Kalau kita katakan Halal maka banyak muslim di dunia ini yang minum alkohol. Jika dikatakan haram kan tidak memabukkan jadi tidak ada unsur haramnya. Berikut pendapat masyarakat terkait hal tersebut :

1. Bahwa para ulama tidak sepakat mengatakan bahwa alkohol itu identik dengan minuman keras atau khamar. Memang benar bahwa kebanyakan minuman keras itu mengandung alkohol. Namun bukan berarti segala zat makanan atau minuman yang di dalamnya terkandung alkohol boleh dikategorikan sebagai khamar.

2. Kalau dibandingkan dengan butiran sisa alkohol di galon minuman anda, sudah pasti tidak akan melebihi 1% kan? Jadi kalau mau pinjam fatwa MUI, tetap masih aman.

[next]
3. Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan LP-POM-nya telah menetapkan kehalalan jenis makanan atau obat-obatan yang mengandung alkohol, bila memang diperlukan. Misalnya untuk pelarut obat. Hanya saja kadar maksimalnya tidak boleh lebih dari%.

4. Namun untuk menghindari rasa syak di hati, ada baiknya sebelum galon itu dipasang kembali, dibiarkan saja dulu selama beberapa saat agar butiran sisa alkohol menguap. Bukankah alkohol itu memang cepat menguap dalam waktu singkat? Jadi setelah kering, barulah anda pasang. Maka anda aman dari rasa ragu.

Post a Comment

  1. Menurut saya sih, ini mnrt saya. Tetap haram. Banyak haram sedikit juga haram. Setetes aja haram.jangan krn pengen gampang aja. Tolong perusahaan air minum unt mengganti anti septik ygbebas alkohol

    ReplyDelete
  2. Menurut saya sih, ini mnrt saya. Tetap haram. Banyak haram sedikit juga haram. Setetes aja haram.jangan krn pengen gampang aja. Tolong perusahaan air minum unt mengganti anti septik ygbebas alkohol

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Contact Form