Sindopos.com - Profil Menteri PDT Desa dan Transmigrasi Eko Putro Sanjoyo.

marwan-reshufle-eko-putrosanjoyo

Nama Marwan Jafar merupakan salah satu menteri yang digantikan pada reshuffle kabinet kedua yang diumumkan Presiden Joko Widodo pada Rabu, 27 Juli 2016 ini.Banyak pihak menaruh harapan atas pergantian ini, salah satunya adalah BNPD (Barisan Nasional Pendamping Desa). BNPD mengharapkan pergantian ini Menteri desa ini mengedapankan program-program pro-Rakyat, dan bebas dari kepentingan politik dan golongan. Tetapi sayang Penggantinya masih merupakan politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca juga : Paska Reshuffle Menteri Desa PDTT, BNPD Lanjutkan Kawal Pelaksanaan UU Desa Lebih Bermartabat

Nama yang menggantikan posisi Marwan Jafar adalah Eko Putro Sanjoyo. Nama Eko sebenarnya bukanlah hal baru dalam lingkaran Presiden Jokowi. Ia pernah bergabung menjadi Deputi Tim Transisi Jokowi. Di tim transisi tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKB ini membawahi kelompok kerja di bidang perdagangan domestik, peningkatan ekspor, ekonomi kreatif, dan percepatan ekonomi di Papua.

Salah satu alasan Presiden Jokowi menempatkan Eko Putro Sanjoyo di Kementerian PDT, Desa dan Transmigrasi barangkali karena latar belakang Eko Putro Sanjoyo yang pernah menjabat sebagai Ketua Tim Asistensi Menakertrans Tahun Anggaran 2010.

Sebelum menjadi birokrat dan politis, Eko Putro Sanjoyo dikenal sebagai pelaku bisnis. Ia pernah menjadi Presiden Direktur PT Sierad Produce Tbk (2009). Jabatan ini diembannya setelah ia menjabat sebagai Direktur Utama Humpuss pada tahun 2007.

Adapun untuk pendidikan, Eko Putro Sanjoyo merupakan lulusan Bachelor Degree University of Kentucky 1991 dan
IPMI MBA Jakarta tahun 1993.

Post a Comment

Powered by Blogger.