Sindopos.com - Bukan Hanya Sekedar Mengharapkan Bantuan, Merawat dan Membangun Infrastruktur Juga Dilakukan Dengan Swadaya.
Warga Desa Purwoasri Perbaiki Jalan Dengan Swadaya Masyarakat
Warga Desa Purwoasri Perbaiki Jalan Dengan Swadaya Masyarakat

Berawal dari kondisi infrasturktur jalan desa yang banyak lubang, warga dusun purwoasri akhirnya memusyawarahkan langkah swadaya Kas RT untuk melakukan perawatan Jalan Desa yang rusak. Diputuskan untuk melakukan peninggian jalan dengan menggunakan uang kas RT untuk membeli urugan sebanyak 27 Dam Truck untuk digunakan sebagai peninggi badan jalan agar tidak tergenang air di musim penghujan.

Langkah yang diambil warga ini terkait kurang memadainya infrastuktur jalan yang ada, apalagi dimusim penghujan dimana kondisi jalan akan semakin cepat rusak oleh arus air yang mengalir di badan jalan. Hal ini disebabkan karena tidak mungkin lagi melakukan perbaikan saluran air dimana konidisi badan jalan yang terlalu rendah sehingga air cenderung mengalir di badan jalan.

Jalanan Rusak Warga Memilih Pinggir Jalan Untuk Lewat
Jalanan Rusak Warga Memilih Pinggir Jalan Untuk Lewat
Dengan Urugan swadaya ini warga desa berharap pemerintah daerah tanggap untuk segera melakukan perbaikan jalan yang rusak. Diungkapkan oleh salah satu warga Desa Purwoasri Hari Yanto mengungkapkan "Swadaya warga ini sebagai bentuk tanggung jawab warga untuk merawat dan ikut membangun infrastruktur. Tetapi kemampuan masyarakat dengan swadaya sangat terbatas dan oleh karena itu pemerintah seharusnya mendukung dengan kemampuan APBD untuk segera melakukan perbaikan Jalan yang sudah hampir 2 Tahun lebih dalam kondisi Rusak".Jika tidak segera diperbaiki warga sudah berencana akan menanami Pohon pisang" pungkas nya.

Keluhan warga terkait kondisi jalan rusak ini memang sudah dirasakan sejak lama karena Jalan Rusak yang menghubungkan Desa purwoasri ke Desa Karangnongko, Plumbungan dan desa lain d kecamatan kebonagung ini cukup parah dan lama tidak kunjung diperbaiki. dari sekitar 15 KM Jalan yang ada hanya sekitar 1,5 KM saja yang rusak dan perlu diperbaiki. Tidak tahu mengapa kok hanya jalan yang berada di Desa Purwoasri Saja yang tidak diperbaiki padahal ruas jalan sisanya sudah berkali - kali mendapatkan perawatan dan bahkan sudah Hotmix sampai desa Plumbungan Kecamatan Kebonagung. Jika 1,5 km yang rusak di Desa purwoasri ini diperbaiki tentunya akses perekonomian warga kecamatan kebonagung ini akan lebih mudah dan lancar

Post a Comment

Powered by Blogger.