Sindopos.com - Wisata Pantai Dengan Air Terjun Banyu Tibo Pacitan

 
Wisata Pantai Dengan Air Terjun Banyu Tibo Pacitan
Wisata Pantai Dengan Air Terjun Banyu Tibo Pacitan

 

Wisata Pantai Banyu Tibo Pacitan merupakan objek wisata pantai yang menyajikan panorama alamnya yang cukup indah yang jarang di temui di pantai-pantai di Indonesia. Pantai yang terletak di Desa Widoro yang berbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur selain dihiasi dengan hamparan pasir putihnya yang bersih, Pantai Banyu Tibo juga terdapat sebuah air terjun yang mengalir langsung ke Pantai.

Air Terjun di Kawasan Wisata Pantai Banyu Tibo ini terbentuk dari sebuah anak sungai yang bermuara tepat di bibir pantainya. Karena letak sungai yang berada di atas pantai, maka muara sungai kecil ini membentuk seperti air terjun dengan ketinggian sekitar 2 meter.

Untuk menikmati panorama air terjun di Kawasan Pantai Banyu Tibo, jika pengunjung ingin turun ke pinggiran pantai pengunjung bisa menggunakan tangga yang ada atau pengunjung bisa turun dengan tanpa tangga karena jarak untuk turun ke pinggiran pantai tidak terlalu tinggi, tetapi pengunjun diharapkan harus tetap waspada jika turun ke bawah karena ombak sekitar pantai bisa saja datang secara tiba-tiba.


Area pantai Banyu Tibo sendiri sebenarnya tidak terlalu luas. Bahkan jika air laut sedang pasang kita hanya bisa menikmati pemandangan pantai dari atas tebing. Namun, saat air sedang surut, bermain di area pantai yang dilengkapi dengan sebuah air terjun yang jatuh langsung ke area bibir pantai adalah sebuah pengalaman yang teramat seru. Apalagi volume air terjun disini cukup tinggi.

Sebagaimana pantai-pantai lain di Pacitan yang lokasinya agak mblusuk. Pantai Banyu Tibo juga tidak terlalu ramai dari kunjungan wisatawan. Untuk yang suka bertualang, suasasana seperti ini tentu menjadi sebuah kesenangan tersendiri.


Wisata Pantai Dengan Air Terjun Banyu Tibo Pacitan
Wisata Pantai Dengan Air Terjun Banyu Tibo Pacitan

Nama “Banyu Tibo” sendiri diambil dari Bahasa Jawa yang artinya air jauh. Nama ini merujuk pada keberadaan air terjun di pantai tersebut.

Sama seperti pantai-pantai di daerah pinggiran Pacitan pada umumnya. Selain memiliki pasir putih sebagai salah satu daya tarik, Pantai Banyu Tibo juga dikelilingi oleh bukit-bukit karst dan juga batu-batu karang untuk memambah pemandangan pantai menjadi semakin kompleks namun indah

Untuk menuju ke Lokasi Kawasan Wisata Pantai Banyu Tibo tidakah sulit. Berjarak sekitar 110 km dari Kota Solo. Jalan termudah adalah mencari jalur arah Pantai Klayar, karena pantai ini tidak jauh dari Wisata Pantai Klayar. Disarankan anda mengunakan kendaraan pribadi. Karena akses Pantai ini belum dilewati oleh angkutan umum.
 

 

 

 

Post a Comment

Powered by Blogger.
close