Sindopos.com - Wisata Pantai Buyutan Pacitan, Pantai Indah Yang Masih Jarang Di Kunjungi Wisatawan

 
Wisata Pantai Buyutan Pacitan
Wisata Pantai Buyutan Pacitan

 

Kota Pacitan dikenal dengan nama Kota 1001 Goa. Selain obyek wisata goa, kota ini juga mempunyai Pantai Klayar yang sudah cukup populer. Namun siapa sangka, kota ini juga mempunyai beberapa pantai cantik yang belum banyak orang mengetahuinya. Salah satu pantai cantik dan tersembunyi itu adalah Pantai Buyutan.

Pantai Buyutan terletak di Dusun Tumpak Watu, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Letaknya berada di sebelah barat Pantai Klayar. Meski bersebelahan, namun belum banyak orang yang tahu tentang keberadaan pantai ini. Sehingga suasananya masih cukup asri dan sepi. Bila datang ke pantai ini, jangan kaget karena letak pantainya berada di bawah tebing. Namun jangan khawatir, karena pantai ini mempunyai bibir pantai yang cukup panjang. Sehingga Anda bisa turun ke bawah untuk sekedar bermain air atau jalan-jalan menyusuri bibir pantai. Saat ini telah dibangun jalan setapak yang bisa Anda gunakan untuk turun dan menuju ke bibir pantai.


Pantai Buyutan mempunyai hamparan pasir pantai yang berwarna putih dan air laut yang berwarna biru jernih. Dari bawah bibir pantai, Anda bisa merasakan sejuknya angin laut dan bisa bermain air. Di bibir pantai ini banyak terdapat karang yang bisa terlihat dengan jelas saat air sedang surut. Beberapa batu karang yang berukuran cukup besar juga terdapat di pantai ini. Panorama pantai saat sunset atau sunrise lebih indah bila dilihat dari atas tebing yang hijau. Beberapa sudut di tebing ini juga sangat cocok untuk dijadikan lokasi pemotretan atau pre wedding.

Wisata Pantai Buyutan Pacitan
Wisata Pantai Buyutan Pacitan


Pantai buyutan mempunyai ciri khas batu-batu karang yang beraneka bentuk, ada yg berbentuk mirip perahu, dan yang paling khas berbentuk seperti mahkota dewa. Konon menurut mitos yang diceritakan oleh penduduk setempat, batu ini dulunya merupakan mahkota dewa Narada yang terjatuh ketika sedang terbang di kawasan itu.

Di bibir pantai terdapat area yg cukup luas untuk mendirikan tenda juga tersedia sumber air tawar kecil yang bisa digunakan untuk kebutuhan memasak, minum, mandi, berbilas setelah bermain air laut.

Di sekitar tebing-tebing di belakang kawasan pantai ini merupakan habitat yang dihuni kawanan monyet. Tidak terlalu mengganggu sebenarnya karena mereka pada dasarnya takut dengan manusia, tapi tidak ada salahnya untuk waspada terutama terhadap barang-barang bawaan kita.

Mari Berwisata Ke Pacitan!!!

 

 

Post a Comment

Powered by Blogger.
close