Keindahan Alunan Musik Dari Wisata Goa Tabuhan Pacitan

Sindopos.com - Keindahan Alunan Musik Dari Wisata Goa Tabuhan Pacitan

 
Keindahan Alunan Musik Dari Wisata Goa Tabuhan Pacitan
Keindahan Alunan Musik Dari Wisata Goa Tabuhan Pacitan

 

Kekayaan alam yang begitu besarnya, maka sangatlah mudah bagi masyarakat Indonesia mendapatkan hiburan dan pengalaman wisata di lingkungan sekitar. Alam yang sebagian besar masih alami membuat banyak sekali pilihan tempat wisata yang dapat dinikmati. Pantai, laut, hutan gunung, danau, sungai hingga menyusuri kedalaman gua dan keindahan isinya sudah tersedia dengan mudah dan teramat banyak pilihan yang bisa masuk dalam daftar kunjungan. Dari sekian banyak pilihan masuk dan berwisata ke dalam goa mungkin cukup jarang dilakukan. Kedalaman dan gelapnya goa menjadi suatu daya tarik dan sesuatu yang membuat kita penasaran akan misteri yang tersimpan di dalamnya.  



Jika kamu tertarik berkunjung dan berwisata ke dalam goa maka harusnya kamu mengunjungi kota yang satu ini. kota Pacitan, kota tempat kelahiran mantan presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ini sangat terkenal dengan jumlah goanya yang cukup banyak, berkat keberadaan jumlah goa yang cukup banyak itu mebuat Kota Pacitan ini dijuluki sebagai kota seribu goa. 

Kota Pacitan ini terletak di Provinsi Jawa Timur. Di Pacitan ini cukup banyak terdapat goa yang sudah ditata dengan cukup baik, bahakan salahsatu goanya diklaim sebagai yang terindah di wilayah Asia Tenggara. Pemerintah Kota Pacitan ini sepertinya sudah cukup terbuka pandangannya akan potensi pariwisata yang dimiliki oleh kotanya. Dari beberapa goa yang sering menjadi daftar kunjungan para turis sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat para pengunjung menjadi nyaman dan merasa aman. 

Wilayah geografis dari pacitan ini terletak di ujung barat Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Lokasi Kota Pacitan ini juga memiliki kandungan kapur yang banyak sebab dikelilingi pegunungan karst atau kapur. Dari sekian banyak goa-goa yang terdapat di Indonesia, goa-goa di Pacitan ini memiliki keindahannya tersendiri sebab rangkaian stalaktit dan stalagnit yang terbentuk di sana sangat mengagumkan ditambah dengan pengelolaan yang baik membuatnya menjadi semakin menawan hati kita ketika menyaksikan dan melihat sendiri suasana di dalam goa tersebut. 

Berbicara mengenai goa di Indonesia, Pacitan khususnya, maka ada beberapa pilihan tempat goa yang bisa dijadikan dan dimasukan dalam daftar wajib kunjungan dari kota seribu goa ini. salahsatu yang paling dimintai untuk dikunjungi ialah Wisata Goa Tabuhan Pacitan. Goa Tabuhan terletak tidak jauh dari objek wisata Goa yang sangat Terkenal yaitu Goa Gong. Meskipun namanya tidak sebesar nama Wisata Goa Gong Pacitan yang diklaim sebagai yang terindah di wilayah Asia Tenggara, tapi keberadaan Goa Tabuhan juga sepertinya akan menyusul nama besar Goa Gong. Terletak hanya sekitar 30 Km dari pusat Kota Pacitan Goa ini sebenarnya sangat mudah untuk didatangi dan dikunjungi. 

Dimulai sejak tahun 1998 Goa Tabuhan ini mulai dibuka dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Pada awalnya goa ini tidak diproyeksikan untuk obyek wisata. Sebelumnya Goa Gong lebih dikenal sebagai Goa Tapan, memiliki nama iu sebab goa ini sering sekali diapaki untuk kegiatan pertapaan atau bertapa orang-orang, namun dengan seiringnya perkembangan waktu dan pengelolaan potensi goa yang semakin berkembang, maka nama goa ini pun berubah menjadi Goa Tabuhan. Berlokasi di Dukuh Tabuhan, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Goa Tabuhan memiliki banyak sekali stalaktit dan stalagnit yang berukuran sangat besar sehingga menyerupai pilar. Di dalam Wisata Goa Tabuhan Pacitan ini sendiri hanya terdapat 2 buah ruangan besar yang akan langsung terlihat ketika kita pertama kali memasuki dalam ruangan, namun di dalamnya sebenarnya ada sebuah jalan kecil buntu yang dipercaya merupakan petilasan dari Pangeran Diponegoro ketika ia bertapa pada masa dahulu.

 

 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form