Pesona Wisata Goa Gong Pacitan, Goa Terindah di Asia Tenggara

Sindopos.com - Pesona Wisata Goa Gong Pacitan, Goa Terindah di Asia Tenggara

goa_gong_pacitan
Pesona Wisata Goa Gong Pacitan, Goa Terindah di Asia Tenggara

Selain terkenal denga Wisata Pantai, Pacitan juga memiliki banyak sekali Wisata Alam. Salah satu panorama wisata pacitan yang indah adalah Wisata Goa Gong. Wisata Goa Gong secara administratif berada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, berjarak sekitar 37 km arah barat dari pusat kota Pacitan. Objek wisata goa di Jawa Timur yang satu ini dikelilingi oleh pegunungan, sebelah utara adalah gunung Manyar, sebelah selatan gunung Karang Pulut, sebelah timur Gunung Gede, dan sebelah barat adalah gunung Grugah. Keempat gunung ini adalah gunung non-aktif.

Baca Juga : Panorama Pantai Klayar Yang Tak Terlupakan

Wisata Pacitan Goa Gong terletak di Jawa Timur adalah salah satu tempat Wisata Goa yang populer dan memegang predikat sebagai wisata goa terindah se-Asia Tenggara. Pesona Wisata Goa Gong Pacitan ini bersumber dari panorama indah stalaktit dan stalagmit yang terbentuk dalam kurun waktu ribuan tahun sehingga menjadikan Goa Gong sebagai tempat wisata pacitan yang wajib dikunjungi bila berwisata ke Pacitan.

Secara geografis, Kabupaten Pacitan terletak di wilayah barat daya Jawa Timur, memiliki bentang alam yang tersusun dari pengunungan kapur yang kurang subur untuk dijadikan lahan pertanian sehingga banyak sekali tempat Wisata Pacitan yang Indah. Selain memiliki keinddahan alam tempat wisata, Tanah di Pacitan memiliki kandungan hara di tanah wilayah Pacitan ini termasuk sedikit, dengan demikian kriteria tanah di Pacitan tergolong  gersang. Kontur ketinggian tanah di wilayah Pacitan secara umum justru lebih membuka potensi wisata alam, salah satunya Goa Gong Pacitan ini.

Wisata Goa Gong Pacitan memiliki kedalaman goa sepanjang 256 meter dan memiliki stalakmit dan stalaktit berumur ratusan tahun. Goa ini muncul sebagai akibat dari aktivitas vulkanik dan gerakan termik yang diperkirakan berlangsung ratusan hingga ribuan tahun silam.

Berdasarkan kisah masyarakat lokal, Wisata Goa Gong ini dinamai sebagai Goa Gong adalah karena masyarakat kerap mendengar adanya suara gema tabuhan seperti suara gong yang berasal dari dalam goa. Gong adalah salah satu alat tabuh dalam kesenian gamelan Jawa. Suara seperti gong dari dalam goa ini adalah hasil dari pantulan tetesan air alam goa yang menimpa batuan stalaktit atau stalagmit goa tersebut. Bunyi yang dihasilkannya terdengar harmonis dan indah, bahkan jika Anda berada di pintu masuk goa tersebut.

 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form