Sindopos.com - Indahnya Gamelan dalam Goa, Wisata Goa Tabuhan Pacitan

 
Indahnya Gamelan dalam Goa, Wisata Goa Tabuhan Pacitan
Indahnya Gamelan dalam Goa, Wisata Goa Tabuhan Pacitan

 

Wisata Pacitan yang satu ini terkenal dengan suara gamelan di dalam goa. Jika kalian tertarik dan berminat untuk mengunjungi tempat ini maka bersiaplah akan beberapa hal menarik yang akan kalian dapatkan ketika berada dalam Wisata Goa Tabuhan Pacitan. Sebenarnya seperti kebanyakan goa yang ada goa ini memiliki stalaktit dan stalagnit yang cukup banyak dan bagus. Stalaktit dan stalaknit terbentuk dari proses kimia pelarutan air di daerah karst yang menetes masuk melalui lubang kecil, sehingga terbentuklah batuan runcing yang ada di dalam gua tersebut. 

Goa ini sendiri awalnya ditemukan Kyai Santiko lelono ketika ia kehilangan sapinya, hingga akhirnya goa ini dirawat dan dibersihkan oleh Raden Bagus Joko dan Raden Putri. Mungkin sekelumit kisah itulah yang dipercaya masyarakat sebagai awal mula diketahuinya keberadaan wisata Goa Tabuhan Pacitan ini. 



Ada beberapa fakta mengenai hal-hal menarik yang bisa kita nikmati jika nanti kalian datang berkunjung ke dalam Wisata Goa Tabuhan Pacitan. Berikut ini adalah beberapa fakta hal menarik yang terdapat di dalam Goa Tabuhan ini. 

1. Bentuk stalaknit dan stalaktit yang terdapat di dalam Wisata Goa Tabuhan Pacitan ini sangat besar dan mengagumkan, karena sudah terbentuk sejak beratus-ratus tahun lamanya. Rata-rata besar stalaknit dan stalaktit yang terdapat dio Goa Tabuhan adalah sekitar 7 meter untuk panjanganya dan 1 meter untuk diameternya. Sehingga jika dilihat secara sekasama, stalaktit dan stalaknit tersebut terlihat menyerupai pilar-pilar besar yang menyangga goa. 

2. Wisata Goa Tabuhan Pacitan ini awalnya bernama Goa Tapan sebab sering sekali digunakan orang-orang untuk melakukan ritual-ritual terkait dengan dunia spiritual, khususnya bertapa. Berangkat dari banyaknya kegiatan bertapa atau pertapaan yang dilakukan oleh orang-orang, maka goa ini diberi nama Tapan. Di dalam goa ini juga dipercaya ada sebuah tempat atau sebuah petilasan bekas Pangeran Diponegoro melakukan laku tapa atau bertapa. 

3. Hal yang menjadi sajian utama jika kamu mengunjungi Wisata Goa Tabuhan Pacitan adalah pertunjukan musik. Mungkin yang ada dalam pikiran banyak orang adalah sajian musik biasa yang dimainkan menggunakan alat musik biasa yang dilakukan di dalam. Namun ternyata suara musik yang dihasilkan dalam goa ini berasal dari bunyi Stalaknit dan stalaktit yang dipukul oleh para pemain musik. Sangat mengagumkan memang stalaktit dan stalaknit yang berada di goa ini bisa mengeluarkan suara yang sangat mengagumkan jika dipukul oleh para pemain musik. Kalian bisa menikmati sajian musik di dalam goa ini dengan hanya membayar 100 ribu untuk 5 lagu tradisional yang akan dimainkan lengkap dengan nyanyiannya selama kurang lebih 20 menit. Meskipun jika akhir pekan atau pengunjung sedang banyak datang ke Wisata Goa Tabuhan pacitan ini, para pemain akan dengan sukarela memainkan musik dan menunggu penonton untuk memberikan sedikit uang untuk pertunjukan yang sudah mereka lakukan. 

Kunjungan ke dalam goa ini bisa menjadi alternatif menarik di tengah berbagai tempat wisata yang kini banyak dibuka. Nuansa alami dan natural akan sangat terasa, sebab semua ornamen dan bentuk dalam goa merupakan ciptaan Tuhan yang tidak bisa direkayasa oleh manusia. 
 

 

 

 

Post a Comment

Powered by Blogger.