Profil Desa & Kelurahan, Desa Pagerlor Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan

Sindopos.com - Profil Desa Pagerlor Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan.

 
Profil Desa & Kelurahan, Desa Pagerlor Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan
Profil Desa & Kelurahan, Desa Pagerlor Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan

 

Kondisi Desa Pagerlor Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan

Pentingnya memahami kondisi Desa untuk mengetahuin keterkaitan perencanaan dengan muatan pendukung dengan permasalahan yang ada, memberikan arti penting keputusan pembangunan sebagai langkah mendayagunakan dan penyelesaian masalah di masyarakat.

Desa Pagerlor merupakan salah satu dari 10 Desa di wilayah Kecamatan Sudimoro , yang terletak 7 km kea rah barat dari kota Kecamatan , Desa Pagerlor mempunyai luas wilayah seluas?   Adapun batas-batas wilayah Desa Pagerlor :

BATAS DESA

Sebelah Utara    :  Desa Sudimoro
Sebelah Selatan  :  Desa Pagerkidul
Sebelah Timur    :  Desa Sukorejo
Sebelah Barat    :  Kecamatan Ngadirojo

Iklim Desa Pagerlor , sebagaimana Desa-Desa lain di wilayah Indonesia mempunyai iklim kemarau dan penghujan , hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di Desa Pagerlor Kecamatan Sudimoro.



Sejarah Desa Pagerlor Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan

Cerita dari para sesepuh Desa dan beberapa tokoh masyarakat Desa Pagerlor dapat diuraikan dengan singkat , bahwa desa Pagerlor telah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda.Pada saat itu tentunya kondisi desa masih belum menentu karena masyarakat merasa tercekam oleh kekuatan fisik para tentara Belanda.Walaupun tentara desa hidupnya dalam cengkeraman tentara Belanda , namun sudah ada pimpinan desa yang disebut KI DEMANG. Ki Demang merupakan seseorang  yang sangat berpengaruh pada saat itu dan ditunjuk oleh tentara Belanda untuk memimpin desa hingga tahun 1934. Pada tahun itu sebetulnya sudah ada pembangunan yang diprakarsai oleh tentara Belanda namun hanya terbatas pelebaran jalan dan pembangunan jembatan yang dikerjakan secara swadaya bersama-sama masyarakat yang hasilnya cukup memuaskan , kalau dinilai pada saat ini.

Beberapa tahun berselang , dating para tentara jepang yang berkeinginan menguasai dan mengatur desa sehingga nama Ki Demang alias kepala desa (sekarang) diganti menjadi LURAH dengan di sertai pembantu-pembantunya guna kelancaran tugas dalam memimpin desa. Karena keadaan pada waktu itu kondisi masyarakat masih sangat terbelakang baik pengetahuan, ketrampilan maupun bidang yang lain sehingga keadaan desa statis.

Apalagi letak desa Pagerlor yang nan jauh disana ( Adoh ratu cedhak watu ) sehingga hanya terdapat beberapa hutan/tanaman yang mengelompok dan disitulah juga terdapat beberapa rumah penduduk, disisi lain terdapatnya jalan yang lebarnya setapak dan menghubungkan ke rumah-rumah penduduk sedangkan kondisi tanahpun masih banyak yang gundul namun ada tanaman yang dapat menghasilkan untuk menambah gizi masyarakat.

Kehidupan masyarakat tentunya masih sangat tradisional pada saat itu , namun berkat kegigihan masyarakat yang diprakasai petinggi desa , kondisi Desa Pagerlor semakin mengarah ke rasional terbukti dengan adanya kegiatan-kegiatan kerja bakti , gotong royong masyarakat memunculkan disana-sini dan pembangunan fisik semakin banyak . sehingga pada tahun 1964 profil Desa Pagerlor semakin kelihatan.



Demografi Desa Pagerlor Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan

Desa Pagerlor terdiri dari 6 Dusun dengan jumlah penduduk 3519 jiwa atau atau 1008 KK, dengan perincian sebagaimana table berikut :
 

Jumlah Penduduk

No
Dusun
Lk
Pr
Jumlah Penduduk
1
TANGGALAN
323
316
639
2
GONDOSULI
222
231
453
3
KRAJAN
341
298
639
4
NGLARAN
264
269
533
5
CRABAK
296
321
617
6
WATES
332
306
638

JUMLAH


3519


Jumlah Penduduk Menurut Umur

No
Umur (Tahun)
Jumlah (Jiwa)
1
0-1
66
2
1-5
143
3
5-6
50
4
7-15
533
5
16-21
356
6
22-59
1773
7
60>
434

 
Keadaan social Desa Pagerlor Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan


Tingkat Pendidikan masyarakat Desa Pagerlor adalah sebagai berikut :

Tingkat Pendidikan Masyarakat

No
Tingkat Pendidikan
Jumlah (orang)
1
Tidak sekolah/ buta huruf

2
Tidak tamat SD/ sederajat

3
Tamat SD/sederajat

4
Tamat SLTP/sederajat

5
Tamat SLTA /sederajat

6
Tamat D1 , D2, D3,

7
Tamat S 1

8

  

 Kesenian yang masih ada di masyarakat Desa Pagerlor adalah sebagai berikut :

Kesenian Masyarakat

No
Jenis Kesenian
Jumlah Kelompok
Status
1
Solawatan
1
Aktif
2
Wayang
1
Aktif
3
Sentewere
1
Aktif

 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form