Sindopos.com - Indonesia Gelar Kerjasama Selatan - Selatan Dengan Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar.

suasana_pelatihan_budidaya_ikan_uganda
KBRI untuk Nairobi Latih Masyarakat Uganda Budidaya Ikan Air Tawar
Sekitar 50 orang anggota dan tokoh masyarakat Mukono, Uganda, mengikuti pelatihan budi daya ikan yang digelar oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Nairobi.

Pelatihan bertempat di Sekolah Dasar Akswa, distrik Mukono, sekitar 2 jam perjalanan dari ibukota Uganda, Kampala. Materi pelatihan disampaikan oleh Eko Purwiyanto, seorang staf KBRI Nairobi yang juga praktisi perikanan. Dengan Pengalamannya sewaktu masih di Indonesia menjadi Pelaku Desa (Tim Penulis Usulan/KPMD) Untuk program PNPM-Mandiri Pedesaan di Desa Karangnongko maupun pelaku kecamatan PNPM (Tim Verifikasi) Kecamatan Kebonagung Kabupaten pacitan Eko Purwiyanto memberikan pemaparan dan praktik lapang terkait budidaya Ikan Air Tawar. 
 Baca Juga : Eks Pelaku PNPM-MPd Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan Kembangakan Program Pemberdayaan Di Uganda
Teknik yang disampaikan dalam pelatihan ini meliputi pembuatan kolam, penyebaran bibit ikan, pemberian pakan, pemeliharaan ikan, dan pemanenan. Dijelaskan pula tentang pemanfaatan pakan ikan dari daun-daunan.

Uganda merupakan negara tetangga Kenya yang tidak mempunyai garis pantai dengan penduduk 37 juta jiwa. Lahan di negara yang terkenal dengan danau Victoria, hulu sungai Nil, ini sangat luas dan subur, dan sangat baik untuk pertanian dan budi daya ikan air tawar. Di beberapa lokasi, bahkan persediaan air sangat melimpah. Pemanfaatan lahan yang sebagian besar masih kosong tersebut masih kurang maksimal. 

"Budi daya ikan tilapia, sejenis ikan nila, dan ikan lele sangat cocok untuk daerah pertanian seperti di Uganda," kata Eko Purwiyanto sebagaimana keterangan Sekretaris Pertama Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI di Nairobi, W. Sunani Ali Asrori, kepada redaksi beberapa saat lalu (Minggu, 3/1).
eks_pnpm_eko_purwiyanto_pelatihan_budidaya_ikan_uganda
Eko Purwiyanto Narasumber Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar
Eko Puriyanto Warga Asli Pacitan Jawa Timur ini berharap, pelatihan budi daya ikan yang dilaksanakan di penghujung Desember 2015 ini dapat menumbuhkan jiwa wirausaha khususnya di antara para peserta.

Baca Juga : Salah Satu Warga Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan Kembangakan Program Pemberdayaan Di Uganda

Sebagai sarana praktek lapangan, KBRI Nairobi memberikan bantuan berupa plastik, pompa air dan pipa penyaluran air. Sebagai tindak lanjut pelatihan, para peserta membentuk susunan pengurus kelompok budi daya ikan yang akan menindaklanjuti hasil pelatihan.
narasumber_dan_peserta_pelatihan_budidaya_ikan_uganda
Narasumber dan Peserta Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar oleh KBRI Untuk Nairobi
Pelatihan budidaya ikan menjadi salah satu upaya meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Uganda. "Pelatihan perikanan ini merupakan wujud kerjasama Selatan-Selatan," kata Sekretaris Ketiga Ekonomi KBRI Nairobi, Andaru Dhaniswara
lokasi_pelatihan_budidaya_ikan_uganda
Loaksi Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar di Nairobi
KBRI di Nairobi menyelenggarakan pelatihan budi aya ikan untuk masyarakat distrik Mukono, Uganda. Pelatihan bertempat di Sekolah Dasar Akswa, distrik Mukono, sekitar 2 jam perjalanan dari ibukota Uganda, Kampala. 

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini