Sindopos.com - Sekolah Anggaran Warga,  Bukannya Mencapai Proyeksi Kinerja Urusan Kelautan dan Perikanan Malah Turun.

Analisa Dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah
Analisa Dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah
Sumber : Sekolah Anggaran Warga (SAW)
Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 3 Tahun 2007 bahwa pada setiap kepala daerah harus menyampaikan evaluasi kinerja urusan pemerintah daerah sebaagai laporan keterangan pertanggung jawaban akhir masa jabatan. Pada penyampaian ini Bupati Pacitan Indartato mnyatakan bahwa “Selain keberhasilan, tentunya masih terdapat banyak kekurangan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat". Kemudian Seperti apa kelebihan dan kekurangan dari pelaksanaan  Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah Tahun 2011 - 2016 ini.

Jika berdasarkan Data yang disampaikan dalam laporan pertangungg jawaban Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah dapat disimpulkan bahwa beberapa sektor sudah mencapai target dari proyeksi yang ditetapkan sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Pacitan yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Pacitan. Beberapa sektor tersebut patut diapresiasi terkait dengan kualitas kinerja untuk mencapai apa yang telah direncanakan dan di proyeksi. Selain itu beberapa sektor yang belum mencapai target proyeksi juga harus dievaluasi untuk meningkatkan kinerja nya. 

Kinerja Suatu Urusan Pemerintah Daerah di ukur dari capaian beban kinerja yang dibebankan kepada setiap Sektor yang disesuaikan dengan tugas dan fungsi suatu bidang Kerja Urusan Pemerintah Daerah. Secara umum hampir disemua sektor mampu melaksanakan target capaian kinerja yang dibebankan tetapi ada  beberapa sektor yang belum mampu mencapai target kinerja yang dibebankan. 
Kinerja Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah
Kinerja Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah
Sumber : Sekolah Anggaran Warga (SAW)
Dari data diatas dapat kita lihat bahwa Urusan Kesbangpol Dalam Negeri Pada semester Awal 2015 baru mampu menyelesaikan 53% dari beban Proyeksi. Menyusul kemudia  Urusan Pariwisata sampai pada Semester Awal 2015 ini juga belum mampu mencapai target proyeksi kinerja Urusan Pariwisata dimana ukuran kinerja diukur pada Kunjungan Wisatawan sebagai sasaran belum menunjukkan kinerja yang baik selama kurun waktu 2011 - 2015 ini. Dari target proyeksi 1 Juta Wisatawan yang datang hanya mampu tercapai 766.777 Wisatawan padahal pada tahun 2011 saja sudah mencapai angka 512.274 Wisatawan.
[next]

Yang menjadi perhatian Juga pada sektor Kelautan dan Perikanan dimana layak untuk diperhatikan oleh pemerintah Kabupaten Pacitan dimana dari sektor ini diperlukan inovasi dan pengembangan karena selama kurun waktu 2011 - 2014 jumlah kapasitas produksi perikanan baik dari tangkapan ikan laut maupun kapasitas produksi perikanan budidaya bukannya mengalami kenaikan untuk mencapai target proyeksi tetapi malah mengalami produksi. Data menunjukkan jia di tahun 2011 produksi perikanan sudah pada 6.244,07 Ton tetapi malah turun menjadi 4.170.61 tahun di semester awal 2015 ini. 
Evaluasi kinerja pemerintah daerah 2011 - 2014
Evaluasi kinerja pemerintah daerah 2011 - 2014Sumber : Sekolah Anggaran Warga (SAW)
Selain ketiga sektor diatas beberapa sektor pada semester Awal 2015 ini juga masih ada yang belum mencapai proyeksi kinerja Urusan Pemerintah Daerah 2011 - 2015. Beberapa sektor yang belum mampu mencapai target realiasisasi proyeksi itu diantaranya adalah urusan Kesehatan Pada Sasaran Puskesmas Bersertifikat ISO, Urusan Pekerjaan umum, Urusan Perumahan. Untuk pengolahan Data Lengkap terhadap Analisa dan evaluasi Evaluasi kinerja Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah Tahun 2011 - 2014 dapat di Download Di Sini :  http://download.imagomedia.co.id/download-page-evaluasi-kinerja-pemkab-pacitan-2011--2014.html

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini