Sindopos.com - Sebagai Seorang Fasilitator atau Pendamping Jangan Hanya Terjebak Pada Kemampuan Berbicara Saja tetapi Kemampuan Bertanya dan Mendengarkan Lebih Penting.


Banyak Calon Pendamping atau Fasilitator berpikir bahwa yang paling diperlukan fasilitator adalah keterampilan berbicara di depan orang banyak. Memang benar, fasilitator sering berbicara di depan banyak orang. Misalnya, dengan memberi pengantar atau mengajukan pertanyaan. Namun, keterampilan terpenting yang perlu dimiliki sebenamya adalah keterampilan mendengarkan. Seorang fasilitator yang baik, selain mampu mendengarkan dengan cara yang tepat, juga mampu mengembangkan proses agar peserta dapat saling mendengarkan. Tidak jarang, kita lebih suka bicara daripada mendengarkan orang lain. Karena itu kita perlu latihan meningkatkan kemampuan mendengarkan orang lain secara baik.

Apakah triks-triks yang Anda punya untuk bisa melakukan itu? Bab ini akan memaparkan sejumlah teknik dan triks mengajukan pertanyaan yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan menangkap (mendengarkan) apa yang disampaikan oleh pembicara. Silahkan di Download  Materi dan Modul Teknik Bertanya dan Mendengarkan Dalam Fasilitasi dan Pendampingan Partisipatif

Post a Comment

Powered by Blogger.