Sindopos.com - Pacitan, Saat melakukan kunjungan ke kampung halaman, 10/03/2015. Mantan Presiden RI Ke-6 Susiloa Bambang Yudhoyono beserta keluarga. Dengan Elegan Negarawan kelahiran Kota 1001 Goa ini dengan elegan mengenakan Batik Khas Pacitan. Seakan memberikan pesan bahwa Pacitan memiliki pakaian khas produk lokal pacitan yaitu Batik Pace Pacitan. 

SBY dan Ibu Ani Yang Menggunakan Batik Pacitan Bukan Batik Lurik
SBY dan Ibu Ani Yang Menggunakan Batik Pacitan Bukan Batik Lurik

Pakaian Batik khas Pacitan inipun tidak terlepas dari perhatian para Netizen pacitan, berdasarkan pantauan dimedia sosial facebook dan forum - forum dunia maya. Para netizen ini mulai membandingkan dengan Kebiajakan Bupati Pacitan yang mengeluarkan Peraturan Bupati tentang pakaian adat pacitan yang menggunakan Batik Lurik sebagai kombinasi dasar pakaian Adat Khas Pacitan.Bahkan salah satu netizen Komunitas Pacitan menuliskan bahwa "Lurik'e ben digawe kethek ogleng wae.... awak'e dewe wajib nggawe batik pacitan. Wong pacitan Asli sing nekad ora gelem nggawe Batik Pacitan...njaluk dipriksakne..."

Selain itu Emha Ikhsan netizen yang lain mengatakan bahwa "Saya lebih bangga di acara-acara resmi pakai Batik Pacitan, dan juga kalau memberi kado/cindera mata juga Batik Pacitan. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menghargai hasil karya saudara sendiri !"

Seperti sudah diketahui khalayak masyarakat pacitan, bahwa menjelang perayaan HUT Pacitan, Bupati Pacitan Indartato mengeluarkan Peraturan Bupati Tentang Pakaian Khas Adat Pacitan. Kebijakan ini menimbulkan Pro dan Kontra dimasyarakat. Bagaiaman tidak, Pacitan yang memiliki sentra kawasan industri Batik Lokal yaitu Desa Ngadirojo serta beberapa daerah lain seperti Sukoharjo, Arjowinangun. Tetapi Bupati malah menggunakan Batik Lurik yang lebih identik dengan corak atau motif pakaian khas daerah lain. (sindopos.com)

Post a Comment

Powered by Blogger.