Petunjuk Pendaftaran Seleksi CPNS 2021

BUKU Petunjuk PENDAFTARAN SELEKSI CPNS 2021

Pendaftaran seleksi CPNS 2021 resmi dibuka mulai Rabu, 30 Juni 2021. Simak panduan berikut untuk mengetahui tata cara daftar CPNS di portal resmi sscasn.bkn.go.id (SSCASN 2021). Terkait hal ini, BKN sudah menerbitkan Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi CPNS Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Tahun 2021 yang di dalamnya juga berisi tata cara membuat akun pada portal resmi pendaftaran CPNS 2021. 

Sebelum mendaftar ke instansi yang dituju, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran. 

Dokumen tersebut terdiri dari: 
1. Kartu Keluarga Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil 
2. Ijazah 
3. Transkrip Nilai 
4. Pas foto Swafoto/selfie 
5. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar. 
Jika dokumen syarat pendaftaran CPNS 2021 sudah siap, pelamar harus masuk ke portal SSCASN melalui link sscasn.bkn.go.id . Pelamar diwajibkan untuk memahami tata cara dan syarat pendaftaran dengan teliti. Terdapat beberapa menu yang tersedia pada portal SSCASN 2021.

Dikutip dari buku tersebut pada Rabu (30/6/2021), terdapat sejumlah langkah yang harus dilakukan agar bisa melakukan pendaftaran di sscasn.bkn.go.id.

Cara pendaftaran CPNS 2021

 Berikut cara pendaftaran CPNS 2021 melalui sscasn.bkn.go.id: 
1. Akses portal Akses laman sscasn.bkn.go.id, kemudian pilih menu CPNS. 
2. Buat akun Sebelum melakukan pendaftaran, pelamar harus mempunyai akun SSCASN. 
Pendaftaran akun melalui laman sscasn.bkn.go.id/daftar, menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga. Isikan sejumlah data seperti nama lengkap sesuai KTP, nomor handphone aktif, e-mail aktif, serta tempat dan tanggal lahir. Setelah itu masukkan kode captcha dan klik "lanjutkan". Lengkapi data yang diperlukan. Unggah foto scan KTP dan swafoto sesuai ketentuan. Klik "lanjutkan". 

Pastikan semua data lengkap dan benar, karena data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau diubah. Jika sudah yakin, klik “Proses Pendaftaran Akun” untuk memproses pendaftaran akun. Sebelum mengakhiri proses pendaftaran akun, akan muncul konfirmasi dan klik “Iya”. Lalu, muncul tampilan pendaftaran selesai dan keluar pilihan Cetak Informasi Pendaftaran (untuk mencetak) dan Lanjutkan Login Pendaftaran (untuk ke tahap selanjutnya). 

3. Login Pelamar dapat login ke portal SSCASN, menggunakan NIK sebagai username dan password yang telah didaftarkan saat membuat akun di SSCASN 2021. Isi data yang diperlukan, klik “Selanjutnya”. 

4. Pilih jenis seleksi dan daftar formasi Setelah melengkapi pengisian biodata, lalu pilih jenis seleksi dan mendaftar formasi. Pilih instansi dan jenis formasi sesuai kualifikasi, dan isikan sejumlah data yang diwajibkan. Masukkan kode captcha, klik “Selanjutnya”. 

5. Unggah dokumen Setelah memilih jenis seleksi dan mendaftar formasi, kemudian unggah dokumen. Jenis dokumen yang diunggah berbeda-beda sesuai persyaratan instansi yang dilamar. Perhatikan tipe dokumen dan ukuran yang dapat diunggah ke sistem. Nantinya, status dokumen akan berubah menjadi “Sudah Diunggah” jika proses unggah dokumen berhasil. Pelamar dapat melihat dokumen yang telah diunggah dengan klik “Lihat”. 

Dokumen yang telah diunggah tidak dapat diubah kembali setelah mengakhiri pendaftaran. Setalah yakin semua dokumen sudah sesuai, klik “Selanjutnya”.

6. Resume pendaftaran Setelah melengkapi unggah dokumen, muncul halaman resume. Pelamar wajib membaca dan mengecek kembali data-data yang telah diisi. Jika pelamar telah yakin tidak ada kesalahan, pelamar dapat menandai (check list) seluruh kotak yang ada pada tampilan yang tersedia, mulai nama instansi hingga persyaratan instansi. Tandai kotak pernyataan dan klik "Akhiri Proses Pendaftaran". Kemudian akan tampil notifikasi untuk mengakhiri proses pendaftaran dan peringatan bahwa setelah proses diakhiri, semua data tidak dapat diubah kembali. Jika pelamar sudah yakin, klik “Iya”, maka akan tampil halaman Final Resume. 

Di bagian ini, pelamar sudah tidak dapat mengubah data kembali. Pelamar dapat mencetak Kartu Informasi Akun dengan klik “Cetak Kartu Informasi Akun” dan Kartu Pendaftaran SSCASN dengan klik “Cetak Kartu Pendaftaran CPNS”. Informasi lengkap mengenai tata cara pendaftaran CPNS 2021 dapat diakses di Sini





Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form