Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Ikuti Tips-Tips Ini Agar Ramadhan Yang Kamu Jalani Bermanfaat

Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Ikuti Tips-Tips Ini Agar Ramadhan Yang Kamu Jalani Bermanfaat
Daftar Isi Artikel


Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam di dunia, selain itu bulan puasa juga bulan penuh kebaikan dan keberkahan. Di bulan yang penuh kebaikan ini semua orang berlomba-lomba untuk mengerjar pahala. Pada bulan ini kamu bisa meningkatkan ibadahmu dengan cukup signifikan, juga dapat meningkatkan kualitas diri agar bisa menjadi lebih bermanfaat. Untuk itu, banyak sekali hal yang dapat kamu lakukan, mulai dari dalam diri hingga melatih fisik.

Selain berdampak positif secara spiritual dan juga secara fisik. Pada bulan ramadhan ini diharuskan untuk menjalankan kewajiban lainnya seperti sholat, dzikir, membaca Al-quran, membantu sesama yang membutuhkan serta membayar zakat agar kamu menjadi orang yang bertaqwa. Tahukah kamu bahwa ada beberapa hikmah puasa yang harus kamu maksimalkan agar bulan ramadhanmu penuh berkah? Berikut ini adalah beberapa hal-hal bermanfaat yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan.

1. Masak makanan vegetarian
Ramadan merupakan waktu dimana kita harus peduli dan berbelaskasih pada dunia, sehingga mengurangi konsumsi daging merupakan salah satunya. Masak dan konsumsilah makan makanan yang sehat saat berbuka maupun sahur. Selain lebih menyehatkan tubuh kamu, tindakan ini juga bisa membantu meningkatkan kondisi bumi agar menjadi lebih baik loh!

Menurut penelitian dari para ahli, industri daging bertanggung jawab untuk emisi gas efek rumah kaca dengan jumlah tertinggi di dunia, yaitu lebih dari 51%. Belum lagi pada lahan luas yang digunakan untuk pemeliharaan hewan, penggunaan air, serta pohon yang ditebang untuk memperbesar lahan.
Maka dari itu, yuk kurangi konsumsi daging, dan fokus pada makan makanan yang mengandung sayur-sayuran.

2. Menjadikan Hidup Menjadi Lebih Seimbang
Puasa merupakan bentuk ibadah wajib kita sebagai seorang muslim. Dengan menjalankan puasa di bulan ramadhan, maka kamu telah menjalankan kewajiban untuk bekal kelak di akhirat. Serta keseimbangan hidupmu yaitu kebutuhan dunia dan akhirat, dengan kata lain dengan berpuasa maka kita telah menjalankan kebutuhan akhirat dan sejenak meninggalkan kebutuhan dunia. Karena kebutuhan dunia jika kamu terus menuruti kebutuhan dunia saja, itu tentu tidak akan ada ujungnya. Namun, yang perlu Sobat ingat adalah bahwa kepentingan dunia dan akhirat harus seimbang.

3. Melatih Kegiatan Mental dan Spiritual
Bulan Ramadhan merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT setiap harinya. Di bulan suci ini kamu juga berkesempatan untuk memperbaiki akhlak dan perbuatanmu agar puasa yang dijalankan semakin berkah. Mengaji, berdiam diri di masjid (i’tikaaf), banyak mendengar kajian agama serta memperbanyak salat sunnah menjadi cara terbaik untuk mengisi hari-harimu selama bulan Ramadhan.

Dari pada tidur terlalu lama, tak ada salahnya gunakan waktumu untuk membuat daftar tujuan atau goals checklist untuk membuatmu fokus terhadap apa yang ingin kamu kerjakan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat pengetahuan dengan membaca buku-buku tafsir, hadis atau buku sejarah Islam. Jika kurang senang membaca buku, cobalah menonton tayangan ceramah atau program Islami yang mampu mendongkrak keimananmu.



4. Membangun Kegiatan Sosial Kemasyarakatan
Bagi kamu yang gemar melakukan kegiatan sosial, bulan Ramadhan menjadi salah satu momen tepat untuk melakukannya. Undanglah teman atau kerabat untuk buka puasa bersama di ruahmu. Selain mendapat manfaat silaturahmi, kamu juga mendapatkan pahala karena telah memuliakan orang yang berpuasa.

5. Meningkatkan Ketaqwaan Seseorang

Menjalankan ibadah puasa kamu akan terlatih untuk menahan hawa nafsu untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT, dan menjalankan hal-hal baik untuk kamu jalani. Ini bertujuan agar kamu menjadi seseorang yang lebih bertaqwa lagi kepada Allah SWT. Yuk, kita sama-sama melakukan hal-hal baik yang diperintahkan oleh Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa.

6. Menjadi Pribadi yang Lebih Menghargai Waktu dan Disiplin
Kamu yang menjalankan ibadah puasa, tentu hidupnya akan lebih teratur dan menghargai waktu, mengapa? Di bulan puasa, kamu akan terbiasa bangun pagi untuk makan sahur, selain itu untuk kamu yang waktu makannya tidak teratur dengan berpuasa waktu makanmu akan jauh lebih teratur pada jam berbuka puasa. Dengan berpuasa hidup kamu akan lebih teratur dan akan terbiasa di bulan-bulan berikutnya.

7. Untuk Menjaga Kesehatan
Kamu jangan takut kelaparan karena berpuasa sebulan penuh. Justru dengan berpuasa kesehatanmu akan tetap terjaga, diantaranya dapat mengurangi tekanan darah, mengurangi kadar gula darah, mengurangi berat badan, dan sebaginya. Berpuasa bukan berarti kamu harus balas dendam karena menahan lapar selama kurang lebih 9 jam, dengan menu berbuka puasa yang tidak sehat. Untuk itu, kamu juga harus menjaga asupan yang kamu makan. Makanlah makanan yang kayak akan serat sehingga kamu akan kuat menjalani puasa. Makanlah yang cukup saat berbuka puasa dan sahur, jangan lupa minum vitamin juga ya, Sobat!

Lakukan Hal Baik di Bulan Ramadhan
Nah, apakah kamu sudah terpikirkan ingin melakukan hal bermanfaat apa selama Ramadhan ini? Yuk, kita sama-sama untuk melakukan hal-hal baik di bulan ramadhan, agar hikmah puasa yang kamu rasakan bisa kamu maksimalkan. Jalankan kewajibanmu sebagai muslim dengan melakukan perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya. Semoga pada bulan ramadhan kali ini kita semua menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan setiap ibadah yang dilakukan dapat diberkahi oleh Allah SWT.

Bagikan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini, ya!

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>