Dark Mode Whatsapp Android, Cara Mengaktifkan dan Keunggulannya

Dark Mode Whatsapp Android, Cara Mengaktifkan dan Keunggulannya
Daftar Isi Artikel


Dark mode Whatsapp merupakan fitur terbaru yang hadir untuk memuaskan penggunanya. Mode ini berfungsi untuk mengubah tampilan muka pada aplikasi WhatsApp menjadi gelap dengan warna hitam yang dominan. Dark mode sendiri dipercaya dapat membuat baterai perangkat menjadi tahan lama dan lebih ramah terhadap mata. Fitur baru yang ditawarkan aplikasi chat paling populer di dunia ini tampaknya ingin mengikuti sejumlah media sosial yang sebelumnya telah memiliki ftur serupa.

Sebut saja macam Twitter dan Instagram dimana fitur mode gelap ini sangat berguna bagi para penggunanya. Bahkan Youtube pun juga menerapkan fitur ini yang dinilai banyak keutamaannya.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Whatsapp
Lantas bagaimana sih cara mengaktifkan dark mode Whatsapp? Berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan fitur baru tersebut.

Buka HP anda lalu pilih bagian Setting/Pengaturan, kemudian pilihan menu Obrolan/Chat , pilh menu Wallpaper, pilih lagi Solid Color/Warna Solid.

Gulirkan ke bagian bawah lalu pilih warna mode gelap sambil menekan menu Set/Atur untuk memilih wallpaper gelap yang akan ditampilkan pada layar chat.

Anda juga dapat menggunakan atau memilih gambar gelap di WhatsApp dengan mengambil Photos dari halaman Wallpaper atau dengan menyimpannya ke dalam galeri kamera. Cara ini akan membuat pengguna fleksibel menggunakan gambar untuk berkreasi dalam mode gelap ini.

Nah, gampang kan cara mengaktifkan fitur baru mode gelap yang ditawarkan WhatsApp. Namun ada kabar lain yang mungkin akan membuat banyak pengguna WA kecewa. Kabarnya nih, WhatsApp akan meninggalkan pengguna HP jadul atau model lama dan hanya bisa diterapkan pada sistem operasi terbaru yang katanya akan mulai diterapkan pada tahun 2020. Benarkah demikian? Semoga info tentang dark mode WhatsApp ini bermanfaat ya.

Berikut ini berbagai manfaat menggunakan dark mode whatsapp maupun media sosial lainnya.

  • Layar smartphone terlihat lebih kontras sehingga memberikan tampilan yang lebih baik dan lebih kontras.
  • Menggunakan mode gelap di smartphone juga berguna untuk mengurangi kelelahan mata. Cahaya pada mode gelap yang tidak begitu terang tak akan membuat mata lelah.
  • Penggunaan mode gelap HP juga akan membuat tampilan media sosial terlihat lebih menarik. Coba saja perhatikan.
  • Fitur dark mode whatsapp seperti juga pada medsos lainnya ternyata juga berguna untuk menghemat batere.
  • Mode gelap ternyata juga mengurangi cahaya biru pada smartphone yang sebenarnya berbahaya untuk mata. Ini tentunya bagus agar mata tak selalu terpapar cahaya biru HP.
  • Mode gelap juga akan membuat tulisan pada HP terlihat lebih jelas. Ini berguna agar mata tidak terlalu dipaksa dalam membacanya.
  • Membaca HP dengan mode gelap tidak membuat mata lelah. Apalagi cahaya biru HP juga sedikit sehingga hal in akan berefek pada penggunanya yang akan lebih mudah tidur.

Setelah Dark Mode diaktifkan, warna latar pada WhatsApp bakal jadi abu-abu gelap. Ini adalah pilihan warna mode gelap pilihan WhatsApp. Tidak seperti beberapa aplikasi lain yang memilih menggunakan warna hitam legam. Nuansa hijau juga ditampilkan untuk menyoroti bagian-bagian yang perlu diperhatikan pengguna.

Warna hijau digunakan pada ikon pesan baru yang ada di kanan bawah. Warna ini juga digunakan untuk menunjukkan pada tab apa pengguna berada, apakah di Chat, Status, atau Calls (panggilan)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>