Apa Itu Jaringan Sinyal 5G? Ketahui Penjelasan 5G yang Segera Hadir di Indonesia!

Apa Itu Jaringan Sinyal 5G? Ketahui Penjelasan 5G yang Segera Hadir di Indonesia!
Daftar Isi Artikel

Apakah koneksi 5G mampu mengalahkan kecepatan tersebut? Dan apakah 5G akan tersedia di Indonesia? Intip yuk serba-serbi seputar teknologi jaringan 5G!

Dahulu mungkin anda sering mendengar jaringan H+ atau H ++ Dulu jikalau dapat saja jaringan ini didaerah kita mungkin akan sangat senang sekali sebab kita mampu berkomunikasi dengan baik melalui jaringan ini. Setelah beberapa waktu sinyal H+ upgrade menjadi 3G. Jaringan 3G banyak membawa dampak positif bagi zaman modern ini. Kemudahan seperti berinternet ria semakin lancar jaya dismartphone kita.

Beberapa waktu kemudian jaringan 3G melahirkan generasi keempatnya yang kemudian kita kenal dengan jaringan 4G. Disini lah kita hampir menemui puncak kelancaran dalam berkomunikasi. Internet merupakan bagian paling penting dalam dunia telekomunikasi, dimana internet sendiri berguna untuk menyalurkan data atau informasi secara online. Di masa kini jaringan internet sudah memasuki generasi ke 5 atau biasa disebut dengan 5G, konon kabarnya jaringan tersebut akan resmi digunakan di tahun 2020 mendatang.

Mengenal Teknologi Jaringan 5G

Sejak 2018 jaringan 5G kini telah tersedia di sejumlah wilayah di Amerika Serikat. Jaringan generasi terbaru tersebut juga telah dipastikan dapat digunakan lebih luas pada 2020 mendatang. Jaringan ini merupakan jaringan konektivitas internet mobile yang menawarkan koneksi lebih cepat dari generasi sebelumnya. Karena kecepatan yang tinggi, 5G juga diharapkan mampu membawa data yang besar, sehingga dapat menghubungkan dunia dengan lebih cepat dan mudah. Untuk lebih Mengenal Teknologi Jaringan 5G, berikut sekilas ulasannya.

5G menggunakan spektrum dalam rentang frekuensi LTE antara 600 MHz hingga 6 Ghz. 5G umumnya baru diperkenalkan di tahun 2018 dan menjalani proses uji coba di beberapa negara. Misalnya, di Britania Raya, koneksi 5G memiliki kecepatan unduh hingga 2,8 Gbps. Memang, 5G digadang-gadang lebih cepat 20 kali lipat dari 4G, terang laman Adweek.

Bila dibandingkan dengan jaringan 4G atau LTE, 5G dapat digunakan dalam tiga jenis spektrum yang berbeda yakni low band, mid band, dan high band. Pada low band, menawarkan area yang luas, hanya saja memiliki kelemahan yaitu kecepatan data maksimum hanya mencapai 100Mbps. Untuk mid band, kecepatan hanya mencapai 1Gbps.

Apa kecanggihan yang dijanjikan dalam teknologi 5G?

Generasi kelima dalam konektivitas internet seluler ini menjanjikan pengunduhan dan pengunggahan yang jauh lebih cepat, jangkauan lebih luas serta koneksi yang lebih stabil, terang laman BBC. Ini karena pemanfaatan spektrum radio yang lebih baik serta memungkinkan lebih banyak perangkat seluler mengakses internet pada waktu yang bersamaan.

Kecepatan sangat dibutuhkan di era sekarang, mengingat adanya teknologi seperti augmented reality (AR), live streaming dan lain sebagainya, yang membutuhkan koneksi internet yang lebih cepat. Itulah kecanggihan ekstra yang dijanjikan oleh jaringan 5G.

Kesimpulan Mengenai Jaringan 5 G

Jaringan 5G diklaim memiliki koneksi lebih cepat, jangkauan yang lebih luas serta lebih stabil. Namun, bagaimanakah realitanya di lapangan? Laman PC Magazine pun melakukan uji coba atas jaringan 5G dan menemukan fakta bahwa jaringan 5G Verizon di Chicago hanya mencakup jarak 300 kaki.

Sementara, jaringan 5G milik AT&T di Dallas memiliki kecepatan hingga 1,3 Gbps dan memiliki jangkauan hingga 600 kaki. Meskipun sudah tergolong cepat, namun jaringan 5G tersebut masih perlu pengembangan lebih lanjut dan lebih optimal. PC Magazine memperkirakan bahwa jaringan 5G akan lebih stabil dan umum digunakan pada tahun 2021 atau 2022 mendatang.

Nah, itulah fakta-fakta seputar jaringan 5G yang perlu kamu tahu. Semakin gak sabar ya buat merasakan koneksi internet yang lebih cepat?

Walaupun kehadiran teknologi 5G sebagai penerus 4G LTE sudah semakin dekat, sejumlah negara sudah mulai menerapkan teknologi ini. Namun masih banyak pertanyaan mengenai teknologi terbaru ini.

Wajar saja memang, 5G disebut bakal mempunyai dampak besar terhadap kehidupan orang di dunia. Banyak teknologi baru yang diklaim bisa dimungkinkan dengan kehadiran 5G, seperti mobil otonom, drone, internet of things (IoT), dan masih banyak lagi.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>