pertarungan-srikandi-pilkada-singkawang
Dua Calon Perempuan Dalam Pilkada Singkawang 
Singkawang – Pilkada Kota Singkawang 2017 sudah memasuki tahapan kampanye, setidaknya terdapat empat pasang calon walikota dan wakil walikota yang telah ditetapkan KPU Kota Singkawang menjadi peserta pemilu kepala daerah di kota amoi ini.

Keempat paslon tersebut adalah, nomor urut satu Tjhai Nyit Khim – H. Suriyadi, nomor urut dua Tjhai Chui Mie – Irwan, nomor urut tiga H. Abdul Mutalib – Muhammadin, dan nomor urut empat Andi Syarif – H. Nurmansyah.

Namun yang menarik diantara paslon ini adalah dua figur perempuan yakni Tjhai Nyit Khim dan Tjhai Chui Mie. Yang mana keduanya sama-sama mengambil posisi calon walikota, sama-sama beretnis tionghoa, sama-sama bermarga Tjhai, dan yang terakhir sama-sama memiliki peluang menang mengingat komposisi pemilih Tionghoa di Kota Singkawang cukup besar.

Disini Inspiratif berusaha menggali kekuatan dua “Woman Tjhai” ini. Dua Tjhai ini sama-sama diusung partai yang berpengaruh di Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie diusung oleh partai pemenang pemilu 2014 yakni PDIP sementara Tjhai Nyit Khim diusung partai bertuah pilkada Kota Singkawang yakni PPP. Sehingga bisa dikatakan kekuatan ini imbang.

Siapa dibelakang dua Tjhai ini ?, bukan rahasia umum lagi ada nama mantan Walikota Singkawang, Hasan Karman dibelakang Tjhai Chui Mie dan ada nama Walikota Singkawang saat ini, Awang Ishak dibelakang Tjhai Nyit Khim. Yang mana tentu hal ini sangat menentukan bagi dua Tjhai dalam meraup suara.

Dengan melihat kekuatan yang boleh dikatakan imbang tersebut, penentu kemenangan bagi dua Tjhai ini terletak pada posisi wakil walikota yang mendampingi mereka. Lagi-lagi disisi ini dua Tjhai ini sama-sama memiliki wakil yang mumpuni, dimana Tjhai Chui Mie memiliki wakil Irwan, sementara itu Tjhai Nyit Khim memiliki wakil Suriyadi, yang mana kedua nama wakil walikota ini tidak perlu kita ragukan lagi sepak terjangnya.

Sehingga disini boleh dikatakan pertarungan dua Tjhai di Pilkada Kota Singkawang ini sangat-sangat ketat. Inspiratif hanya berusaha mengulas kekuatan dua Tjhai yang terlihat oleh mata, dan kekuatan dua Tjhai ini bisa saja berubah-rubah seiring gencarnya mereka melakukan kampanye. (tyo)

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini