Emil Dardak Tinjau Lokasi Longsor Di KM 17 Kecamatan Tugu

bupati-trenggalek-emil-dardak-tinjau-lokasi-bencana
Bupati Trenggalek Emil Dardak Tinjau Bencana Tanah Longsor DI Kecamatan Tugu
Trenggalek - Bencana Tanah Longsor yang telah terjadi beberapa bulan terakhir di Perbatasan Trengalek - Ponorogo tepatnya di KM 17 ini Acap kali jika terjadi Hujan dengan intensitas tinggi maka terjadi Longsor yang menutup Jalur tersebut.

Bupati Trenggalek Emil Elestianto mengatakan bahwa pihaknya menemukan titik terang penyebab bencana tanah longsor yang terus menerus terjadi di di KM 17 Dukuh Pringombo Dusun Pacar RT 08/RW 03 Desa Nglinggis Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Hal itu disampaikan Emil saat meninjau pembersihan lokasi bencana alam pada Sabtu (28/1)

“Setelah berkoordinasi bersama Muspika Kecamatan Tugu dan pihak Perhutani untuk membahas persoalan longsor di KM 17 sepertinya sudah ada titik terang penyebab longsor ini, 150 meter diatas lokasi longsor terdapat areal persawahan teras iring, dan ada bebarapa area persawahan yang sudah mati karena airnya tidak mengalir ke sawah tersebut melainkan mengalir ke arah tempat longsoran ini,” jelas Emil

Dalam kesempatan tersebut, meil meminta ketika jalan sudah bisa dilalui sebaiknya material-material berupa batu kecil maupun bekas pohon yang tumbang bisa dipindahkan dengan menggunakan dump truck sehingga jika terjadi longsor susulan tidak menumpuk di tempat yang sama yang menyebabkan tumpukan material semakin banyak.

Dalam peninjauan penyebab longsor, Emil menyimpulkan terdapatnya aliran air ditengah-tengah jalan meskipun tidak hujan itu menjadi penyebab dari longsor ini atau memang ada aliran air yang tersumbat atau memang ada aliran air baru “nanti kita akan teliti lebih mendalami lagi,”katanya lagi.

Emil yang merupakan suami dari artis cantik Arumi Bachsin ini mengajak kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi membantu penyelesaian persoalan tanah longsor yang sering terjadi di jalur nasional ini.

”Pengendara dari Jogja,Wonogiri, Cirebon semua tadi lewat sini hal ini membuktikan bahwa ini bukan kepentingan Trenggalek saja melainkan kepentingan nasional yang memerlukan perhatian signifikan dari kita semua untuk menanganinya,” Pungkasnya.

Direncanakan, pada hari ini Minggu (29/1), Bupati Emil bersama Kemandam Kodim 0806 Trenggalek dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek  akan mengecek aliran sungai yang mengalir ke bawah. Karena diantara sawah-sawah itu ada retakan-retakan yang dimungkinkan rembesan air melalui retakan ini mengalir ke bawah sehingga perlu dicari titik sumber air.(tyo)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form