Sindopos.com - Kerja Sama Pemkab Pacitan Dengan PT. Murakabi Wujudkan Taman Buah Naga Untuk Memberdayakan Masyarakat Pacitan.

pertemuan-pembahasan-kerjasama-pt-murakabi-dan-pemda-pacitan
Susasana Pembahasan Rencana Kerja Sama Pemkab Pacitan dan PT. Murakabi
ertempat di Aula Terbuka PT. Murakabi Agung Wijaya, rombongan pemkab pacitan yang dipimpin oleh Wakil Bupati Pacitan Yuddy Sumbogo bertemu dengan perwakilan perusahaaan yang fokus pada agro indsutri dan pemanfaatan hutan (16/12/2016). Pertemuan ini merupakan pertemuan lanjutan dari beberapa kali pertemuan terkait rencana kerja sama PT. Murakabi dengan Pemkab Pacitan untuk memberdayakan masyarakat pacitan melalui penanaman Buah Naga di Lokasi Wisata Ngiroboyo Desa Sendang Kecamatan Donorojo.

Kerjasama ini merupakan inisiasi dari mantan Menteri Era Presiden Soeharto yang juga merupakan salah satu putra terbaik Pacitan Prof. Haryono Suyono. Melalui bendera POSDAYA yang sangat fokus pada pemberdayaan masyarakat, Prof. Haryono Suyono memfasilitasi pertemuan - pertemuan antara pemkab Pacitan dan PT. Murakabi untuk berkerja sama. 
pemaparan-prof-haryono-suyono-kerja-sama-buah-naga-posdaya
Pemaparan Prof. Haryono Suyono Kerja Sama Buah Naga Di Aula Posdaya
Setelah meninjau persiapan lokasi penanaman Buah Naga di Lokasi Wisata Pantai Ngiroboyo, sebelumnya pada 5 desember 2016 yang lalu kedua pihak sudah pernah melakukan pemaparan konsep di Pendopo Kabupaten Pacitan. Pemaparan ini dihadiri langsung dihadiri oleh Bupati Pacitan Indartato dan Direktur PT. Murakabi Agus Haryo serta seluruh camat dan kepala SKPD. 
pemaparan-pt-murakabi-pemkab-pacitan-pendopo
Pemaparan Rencana Kerja Sama Buah Naga Di Pemdopo Pemkab Pacitan
Meskipun belum ada penanda tanganan MOU antara Pemkab Pacitan dan PT. Murakabi terkait detail pelaksanaan kerjasama tetapi pada acara yang dimoderatori oleh Prof. Haryono Suyono ini memberikan penjelasan terkait rancangan dan gambaran umum pelaksanaan kerja sama.

Wakil Bupati Pacitan Yuddy Sumbogo dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten pacitan mendorong proses kerjasama ini untuk dapatnya mensejahterakan masyarakat pacitan. 
"Pemerintah kabupaten Pacitan sangat berterima kasih atas adanya inisiasi kerja sama ini dan semoga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pacitan serta meningkatkan potensi wisata yang ada" tuturnya.

Sementara itu perwakilan PT. Murakabi Agus Haryo menanggapi bila kerjasama ini bukan hanya untuk menguntungkan perusahaan saja tetapi lebih dari itu agroentrepeneur ini menginginkan kerjasama ini harus menguntungkan masyarakat.
"sesuai dengan filosofi saya, jika kita melakukan usaha berdasarkan niat untuk sosial maka saya yakin akan ada untungnya buat perusahaan" tuturnya dengan suaranya yang khas.   

Mengakhiri pertemuan pada sore hari Prof. Haryono Suyono menutup acara dengan arahan - arahan kepada seluruh peserta baik rombongan pemkab yang diikuti oleh pemerintah desa Sendang, Pemerintah Kecamatan dan pemilik lahan. 
lokasi-lahan-buah-naga-ngiroboyo
Rencana Lokasi Kebun Buah Naga Di Lokasi Wisata Pantai Ngiroboyo
Jika kerja sama ini terlaksana maka pacitan akan segera memiliki Taman Buah Naga Organik yang dikelola secara partisipatif bersama masyarakat dan dikembangkan di lokasi Wisata Pantai Ngiroboyo Desa Sendang Kecamatan Donorojo.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close