Sindopos.com - Profil Desa Kledung Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan.

Profil Desa & Kelurahan, Desa Kledung Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan
Profil Desa & Kelurahan, Desa Kledung Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan

Kondisi Desa Kledung Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan

Pentingnya memahami kondisi Desa untuk mengetahui keterkaitan perencanaan dengan muatan pendukung dan permasalahan yang ada, memberikan arti penting keputusan pembangunan sebagai langkah mendayagunakan dan penyelesaian masalah di masyarakat.

Desa Kledung merupakan salah satu dari 8 desa di wilayah Kecamatan Bandar, yang terletak 5 Km ke arah timur dari kota Kecamatan,  Desa Kledung mempunyai luas wilayah seluas 518 hektar. Adapun batas-batas wilayah desa Kledung:

BATAS DESA
Sebelah Utara    :  Desa Bandar, Kecamatan Bandar
Sebelah Selatan  :  Desa Tegalombo, Kecamatan Tegalombo
Sebelah Timur    :  Desa Ploso, kecamatan Tegalombo
Sebelah Barat    :  Desa Kemuning, Kecamatan Tegalombo


Iklim Desa Kledung, sebagaimana desa-desa lain di wilayah Indonesia mempunyai iklim kemarau dan penghujan, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di Desa Kledung Kecamatan Bandar.


Sejarah Desa Kledung Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan

Desa Kledung berdiri sejak nenek moyang kami, dahulu ada sebuah pohon yang bernama kledung, pada waktu itu pohon tersebut tumbang karena dimakan usia yang sangat tua. Dengan tumbuhnya pohon tersebut sehingga daerah disekitarnya disebut sebagai Desa Kledung hingga sekarang. Sebelum desa ini berdiri pada jaman dahulu ada dua orang tangguh yang sakti yang bernama Eyang Plandi yang pertama kali babat tanah desa Kledung, dan setelah meninggal mereka dimakamkan di dusun krajan dan lingkungannya disebut Plandi. Dimana dusun tersebut terletak ditengah-tengah Desa Kledung saat ini.

Setelah berjalan beberapa tahun kemudian Kledung dipegang oleh Ki Demang Kembu, namun lama jabatan Ki Demang Kembu tidak diingat berapa lama beliau menjabat demang di Desa Kledung. Jabatan kedua dipegang oleh Ki Demang Poncokariyo yang masih keturunan Ki Demang Kembu dalam jangka waktu yang lama. Setelah Ki Demang Poncokariyo lengser dilanjutkan oleh Ki Demang Somojo selama 2 tahun yang merupakan demang ketiga di Desa Kledung. Berikutnya dipegang oleh Ki Demang Miskam yang kurang lebih 10 tahun menjadi demang yang merupakan demang keeempat, dimasa-masa kejayaannya Desa Kledung dibagi menjadi beberapa dusun diantaranya Dusun Ngerjo, Dusun Jetis, Dusun Krajan, Dusun Ngrandu, Dusung Klantang, dan Dusun Banyuripan hingga Kini. Pada masa itu Beliau merintis jalan tembus antar dusun. Setelah Ki Demang Miskam lengser dilanjutkan oleh Ki Demang Saidi yang tidak lain adalah masih keturunan Ki Demang Miskam yang masa jabatannya kurang lebih 42 tahun. Dan pada masa ini timbul pemikiran untuk membangun desa/ memperjuangkan desa atau melanjutkan pembangunan dan berhasil mendirikan Balai Desa Kledung yang berguna sebagai tempat musyawarah desa.

Setelah lurah atau deman yang kelima berhenti Desa Kledung mengadakan pemilihan Kepala Desa. Dan pada saat itu yang mencalonkan kepala desa terdiri dari 3 calon kepala desa karena sudah terbukanya demokrasi Pancasila dan dimenangkan oleh Tugimanto, sebagai kepala desa yang keenam selama 8 tahun.
Dan kepala desa yang berikutnya terpilih adalah Sudarno yang merupakan kepala desa yang kesepuluh. Dan pada saat itu kepadatan penduduk mencapai 3344 jiwa penduduk Desa Kledung. Yang akan meneruskan pemerintahan yang berkelanjutan dan meneruskan cita-cita masyarakat Desa Kledung.


Demografi Desa Kledung Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan

Desa Kledung hanya terdiri dari 1 dusun saja dengan jumlah penduduk 3377 Jiwa atau 1144 KK, dengan perincian sebagaimana tabel berikut :


Jumlah Penduduk
No.
Jenis Kelamin
Jumlah
1.
Laki – Laki
1699 Orang
2.
Perempuan
1678 Orang
3.
Kepala Keluarga
1144  KK


Jumlah Penduduk Menurut Umur
No.
Umur (Tahun)
Jumlah (Jiwa)
1.
> 65
12
2.
60 - 65
19
3.
55 – 60
25
4.
50 – 55
51
5.
45 – 50
53
6.
40 – 45
46
7.
35 – 40
32
8.
30 – 35
33
9.
25 - 30
36
10.
20 – 25
37
11.
15 – 20
42
12.
10 – 15
45
13.
5 - 10
46
14.
< 5
65
Jumlah
542



Keadaan Sosial

Tingkat pendidikan masyarakat Desa Kledung adalah sebagai berikut :

Tingkat Pendidikan Masyarakat
No.
Tingkat Pendidikan
Jumlah ( orang )
1.
Tidak Sekolah / Buta Huruf
27
3.
Tidak Tamat SD/Sederajat
15
4.
Tamat SD / sederajat
1330
5.
Tamat SLTP / sederajat
950
6.
Tamat SLTA / sederajat
231
7.
Tamat D1, D2, D3
12
8.
Sarjana / S-1
25


Kesenian yang masih ada di masyarakat Desa Kledung adalah sebagai berikut :

Kesenian Masyarakat
No.
Jenis Kesenian
Jumlah Kelompok
Status
1.
Ketoprak
1
Aktif
2.
Wayang
1
Aktif


Keadaan Ekonomi

Karena Desa Kledung merupakan desa pertanian, maka sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, selengkapnya sebagai berikut :

9
Mata Pencaharian Penduduk
Petani
Pedagang
PNS
Tukang /Jasa
Lain- Lain
356
190
29
35
-


Jumlah kepemilikan hewan ternak oleh penduduk Desa Kledung adalah sebagai berikut :

Kepemilikan Ternak
Ayam/itik
Kambing
Sapi
Kerbau
Lain-lain
360
76
275
0
0




 

 

 

Post a Comment

Powered by Blogger.
close