Profil Desa & Kelurahan, Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan

Sindopos.com - Profil Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan.

 
Profil Desa & Kelurahan, Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan
Profil Desa & Kelurahan, Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan

Kondisi Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan

Pentingnya memahami kondisi desa untuk mengetahui keterkaitan perencanaan dengan muatan pendukungan permasalahan yang ada, memberikan arti penting keputusan pembangunan sebagai langkah mendayagunakan dan penyelesaian masalah di masyarakat Desa Gemaharjo merupakan salah satu dari sebelas Desa di wilayah Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan, yang terletak 12 Km ke arah timur dari Kecamatan. Desa Gemaharjo mempunyai luas wilayah seluas 1448 Ha. Adapun batas-batas wilayah Desa Gemaharjo :

BATAS DESA
Sebelah Utara    Desa Wates Kec. Slahung Kab. Ponorogo
Sebelah Selatan    Desa Pucangombo Kec. Tegalombo Kab. Pacitan
Sebelah Barat    Desa Ploso Kec. Tegalombo Kab Pacitan
Sebelah Timur    Desa Tugurejo Kec. Slahung Kab. Ponorogo

Iklim Desa Gemaharjo, sebagaimana Desa-desa lain di wilayah Indonesia mempunyai Iklim Kemarau dan penghujan, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan.


Sejarah Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan

Setiap desa atau daerah pasti memiliki sejarah dan latar belakang tersendiri yang merupakan pencerminan dari karakter dan ciri khas tertentu dari suatu daerah. Sejarah desa atau daerah seringkali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun temurun dari mulut ke mulut sehingga sulit untuk dibuktikan secara fakta. Dan tidak jarang dongeng tersebut dihubungkan dengan mitos tempat-tempat tertentu yang dianggap keramat. Dalam hal ini Desa Gemaharjo juga memiliki cerita asal-usul dan hal tersebut merupakan identitas dari Desa Gemaharjo yang secara singkat kami tuangkan dalam uraian di bawah ini.

Desa Gemaharjo merupakan desa yang terletak di belahan utara Kabupaten Pacitan berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo. Menurut cerita yang disajikan oleh beberapa sesepuh  Desa Gemaharjo bahwa Desa Gemaharjo sudah ada sejak jaman Belanda yang konon sistem pemerintahannya masih menganut sistem kerajaan dengan wilayah kekuasaan raja Solo dengan sebutan Bekelan dan Kepala Bekelnya adalah SOROITO. Setelah Soroito meninggal dunia, perjuangan dipimpin oleh putranya yang bernama SORONTANI. Pada masa kepemimpinan Sorontani wilayah Desa Gemaharjo menjadi sangat ramai dan akhirnya menjadi daerah “Kademangan” yang terdiri dari 3 Bekelan yaitu Gemah sebagi Kademangan dan desa yang lain bertempat di Gayam dan Clumpring. Hal itu dibuktikan bahwa Desa Gemaharjo dahulu dipimpin oleh seorang Demang yang bernama “SORONTANI”.

Pada Tahun 1915 , Daerah Kademangan yang terdiri dari 3 Desa tersebut dijadikan satu lagi yang bulat dengan Kepala Desa yang bernama “PONCOIDJOJO” karena tempat Kademangan terletak di wilayah Gemah maka nama Gemah ditambah dengan kata “arjo” sehingga menjadi wilayah Desa GEMAHARJO yang mempunyai arti Gemah berarti Subur, Besar dan Arjo berarti Ramai/ Damai Sejahtera.Terbawa Lajunya waktu dan perkembangan, yang semula penduduk masih sedikit dan mengelompok, berangsur-angsur mulai tertata baik dalam bidang pemerintahan dan pembangunan yang berkembang begitu pesatnya sehingga terbentuklah sebuah desa yang besar dan jumlah penduduk yang banyak.

Adapun para pejabat, Bekel atau Lurah/ Kepala Desa Gemaharjo, menurut nara sumber/ sesepuh Desa Gemaharjo yang secara berturut-turut adalah sebagai berikut :


No.
NAMA
JABATAN
MASA
KETERANGAN
1.
SOROITO



2.
SORONTANI
Kepala Bekel Gemah


3.
SIDOMEJO
Kepala Bekel Gayam


4.
SOREDJO
Kepala Bekel Clumpring


5.
DJOYO TIRTO
Kepala Bekel Clumpring
1882-1886

6.
DJOYO KARYO
Kepala Bekel Clumpring
1886-1898

7.
SARMUN
Kepala Bekel Clumpring
1898-1903

8.
SONOKARYO
Kepala Bekel Clumpring
1903-1913

9.
CITROSONO
Kepala Bekel Clumpring
1913-1915

10.
PONCOIDJOJO
Kepala Desa Gemaharjo
1915-1927

11.
MARTO DIHARJO
Kepala Desa Gemaharjo
1927-1940

12.
ARIYOSO
Kepala Desa Gemaharjo
1940-1969

13.
MOEDJARI
Kepala Desa Gemaharjo
1969-1989

14.
SUGITO
Kepala Desa Gemaharjo
1989-2007
Masa Jabatan
15.
WAHYU PUJIONO, SE
Kepala Desa Gemaharjo
2007 Sampai Sekarang




Demografi Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan

Desa Gemaharjo terletak di ketinggian 685 m dari atas permukaan laut (dpl), sedangkan letak kondisi Desa Gemaharjo adalah sebagai berikut :

a.    Jarak dari Ibukota Kecamatan    : 13 Km
b.    Jarak dari Ibokaota Kabupaten    : 47 Km
c.    Bentang alam                               : Perbukitan

 

 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form