Gunung Gemblung Durenan Trenggalek
Info Trenggalek - “My Trip My Adventure”, slogan yang hari ini sering nempel di kaos-kaos anak muda zaman sekarang. Tidak cuma anak muda, anak yang sudah tua pun juga tidak mau kalah dengan yang muda, baik anak-anak muda maupun yang dewasa sepertinya sudah menjadikan slogan tersebut sebagai kebanggaan dimana dia bisa menunjukkan identitas sebagai seseorang yang suka berpetualang ke tempat-tempat asik, indah dan mungkin tempat-tempat yang belum diketahui khalayak ramai sebelumnya. Nah, pada kesempatan ini Info Trenggalek akan membahas salah satu tempat yang mungkin sudah banyak didengar, dikunjungi, dijadikan lokasi ngetrip (istilah jaman sekarang) khususnya masyarakat daerah Kecamatan Durenan yang mungkin bisa sobat jadikan sebagai tujuan penjelajahan. Adalah Gunung Gemblung Durenan Trenggalek, lokasi asik buat ngetrip.

Gunung Gemblung merupakan sebuah gunung yang berada di sebelah barat laut Kecamatan Durenan. Bagi masyarakat Durenan tentu Gunung Gemblung Durenan ini sudah tidak asing lagi didengar, sebuah gunung yang sering dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat, tempat penjelajahan para pecinta alam, atau sekedar dijadikan tempat untuk menghirup udara segar pegunungan di pagi hari. Panorama alam yang dimiliki Gunung Gemblong dapat menyegarkan mata kita dari padatnya tumpukan-tumpukan kertas diatas meja kerja kita.
Gunung Gemblung
Jika digambarkan, Gunung Gemblung Durenan ini diapit oleh dua buah tebing gunung tinggi nan kokoh di sebelah barat dan timur. Dibagian bawah terdiri dari bebatuan-bebatuan besar dan kecil yang menghiasi aliran sungai yang mengalir dari atas pegunungan. Tepat dibawah dua sisi tebing ini terdapat lahan-lahan warga yang biasa mereka tanami kacang atau ketela. Untuk mendapatkan posisi pandang yang lebih luas kita dapat melangkah mengayunkan kaki lebih jauh ke titik lebih atas daripada Gunung Gemblung. Dari posisi yang lebih tinggi kita akan semakin mendapatkan pemandangan yang lebih luas ditengah apitan dua tebing yang kokoh mengawal.

Beberapa informasi yang berhasil Info Trenggalek peroleh, pemandangan yang sangat luas dan menakjubkan dapat kita nikmati sepenuhnya jika kita berhasil mencapai puncak dari Gunung Gemblung yang masih berjarak kurang lebih 1 km dari perkampungan Desa Gemblung. Lokasi puncak Gunung Gemblung ini berdekatan dengan petilasan salah satu tokoh pertama yang mendiami gunung ini, yakni Joko Pekik yang pada kesempatan lain akan kami sampaikan uraian tentang Sejarah Babat Tanah Gemblung Durenan. Jika kita berhasil mencapai puncak tertinggi Gunung Gemblung, jika kita menoleh ke sebelah barat kita bisa melihat hamparan luas Bumi Menak Sopal Trenggalek, dan jika kita menoleh ke sebelah timur, kita dapat menyaksikan hamparan bumi Mbah Djayeng Kusuma Tulungagung.
Gunung Gemblung Trenggalek
Jika mau ngetrip ke Gunung Gemblung kami sarankan, agar mendapatkan momen terekslusive dari sajian alam bumi gemblung diusahakan datang sekitar jam setengah 6 pagi, sehingga kita dapat merasakan bagaimana sejuknya udara pagi Gunung Gemblung. Karena di gunung pedesaan yang belum ada pengelola resminya, tentu belum ada fasilitas-fasilitas penunjang sebagaimana yang ada di pegunungan wisata yang sudah terkenal. Jadi kami sarankan untuk mempersiapkan diri, seperti fisik yang prima dan bawa bekal secukupnya, nasi, biskuit, atau yang lainnya, dan yang lebih penting lagi adalah air mineral untuk menghindari kita dari dehidrasi.

Gunung Gemblung ini cukup mudah untuk ditemukan. Kita tinggal menuju desa Semarum, bisa dari arah kecamatan Durenan maupun dari sebelah timur arah desa Kamulan. Jalan untuk menuju lokasi juga sudah mulus baik dari arah selatan maupun timur. Sampai nanti kita ketemu pertigaan sebelah selatan Balai Desa Semarum terus belok ke arah barat. Nah, dari sini kita menuju Gunung Gemblung. Agar tidak bingung, paling mudah kita tanyakan langsung saja kepada warga sekitar sekalian izin untuk penitipan kendaraan kita. Setelah kendaraan sudah dititipkan, kita tinggal jalan kaki menelusuri tapak demi setapak untuk mencapai titik atas Gunung Gemblung.

Sekian info wisata dari Info Trenggalek tentang Gunung Gemblung Durenan Trenggalek, lokasi asik buat ngetrip. Tanpa kita sadari alam sekeliling kita ternyata cukup asik juga buat meramaikan khasanah “My Trip My Adventure”. So, ayo sob, kita ramai-ramai ngetrip ke Gunung Gemblung.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close