Sindopos.com - Pacitan Bukan Hanya Memiliki Pesona Pariwisata Alam Saja Tetapi Juga Kesenian Yang Mendunia.

helmi-gondo-waskito-dalang-cilik-pacitan-sindopos
 Dalang Cilik Asal Desa Karangnongko Kab. Pacitan Helmi Gondowaskito 
Satu lagi kabar bagus dari kota kelahiran presiden RI Ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono. Helmi Gondowaskito begitu namanya. Di usia nya yang masih belia 9 tahun, Helmi Gondowaskito mampu membawa nama Kabupaten Pacitan di kancah Nasional. Helmi Gondowaskito mrngukir prestasi Nasional melalui kelihaiannya memainkan (dalang bocah) wayang kulit.


Baca Juga : Kisah Helmi Gondowaskito Bocah Pacitan Yang Menjadi Dalang Cilik Nasional

Putra Pacitan berumur 9 tahun dan duduk di kelas 4 Sekolah Dasar. Sejak umur 2 tahun ia sudah mulai menikmati video wayang kulit. Ke sekolah juga membawa wayang kulit. Baru setelah kelas 3, Helmi tidak membawa wayang kulit lagi bentuknya sudah rusak dan jelek. Wayang yang selalu dibawanya itu adalah tokoh Setyaki. Figur ini sampai sekarang menjadi figur idolanya.
Anak pasangan Andrianto dan Ika susanti  yang terlahir bukan dari keluarga Dalang ini, Tetapi bocah 9 tahun ini memiliki bakat seni yang luar biasa dan bahkan sudah diakui oleh dalang - dalang senior seperti dalang ki Purbo Asmoro yang juga Dalang Kondang Asal pacitan menyebut Helmi sebagai Anak Ajaib!.
helmi-gondo-waskito-dalang-cilik-pacitan-tampilsindopos
Penampilan Dalang Cilik Asal Pacitan Helmi Gondowaskito Pada Festival Dalang Bocah 2015
Lahir bukan dari orang tua dalang dan pemerhati wayang kulit yang hidup di daerah pegunungan tepatnya di Rt 03 RW 05 Dusun Gading Desa karangnongko, Helmi menekuni satu-satunya hobi yaitu mendalang. Seorang dalang muda, Supinardi Utomo, lantas mengajarinya mendalang dan sering mengajak Helmi untuk pentas menemaninya. Mula-mula dalam pementasan, Helmi hanya berperan sebagai dalang yang mengawali lakon (mucuki). Tetapi kemudian dia sendiri sudah mampu untuk tampil sendirian.

Baca Juga : Kisah Helmi Gondowaskito Bocah Pacitan Yang Menjadi Dalang Cilik Nasional

Lihat Penampilan Helmi Gondo Waskito Saat Memegang Wayang Kulit dan Memainkannya Seperti Orang Dewasa yang sudah terbiasa mendalang berikut ini.

Beberapa lakon pagelaran yang dikuasai Gondowaskito ini adalah Kumbakarna Gugur, Bima Gugah, Banjaran Wisanggeni, Banjaran Jarasanda, Dewa Ruci, dan Wirata Parwa. “Pertunjukan barusan lakon Wirata Parwa, itu paling maksimal dan optimal,” begitu kesan Supinardi, mengenai penampilan Helmi di penutupan Festival Dalang Bocah. Sebelumnya ia juga sempat mengisi dalam acara Hari Wayang Sedunia 2015. Semoga keajaibannya terjaga dan berkembang untuk mengawal seni wayang agar lestari. Selamat anak ajaib.
helmi-gondo-waskito-dalang-cilik-pacitan-tampil-sindopos-dengan-bupati-pacitan
Helmi Gondowaskito Bersama Bupati Pacitan
Baca Juga Info Warga Pacitan Yang Berprestasi : Salah Satu Warga Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan Kembangakan Program Pemberdayaan Di Uganda

Post a Comment

Powered by Blogger.