Info Trenggalek - Terdengar asing di telinga ketika mendengar nama Pantai Blado Trenggalek, tidak seperti pantai-pantai tenar lainnya misalkan Pantai Prigi atau Pantai Karanggongso, ternyata Pantai Blado juga merupakan salah satu objek wisata pantai yang ada di Kabupaten Trenggalek. Meskipun demikian, Panorama Alami Pantai Blado Trenggalek tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Trenggalek yang lain.

Karena pengunjung Pantai Blado tidak sebanyak seperti pengunjung di pantai Trenggalek lainnya membuat suasana dan panorama yang alami di sana begitu terasa. Selain pemandangan indah alam bebas di Pantai Blado, yang menjadi ciri khas lainnya adalah ombaknya yang besar. Oleh beberapa pengunjung diungkapkan, bahwa Pantai Blado Trenggalek yang memiliki ombak besar ini sangat cocok jika digunakan untuk surving atau berselancar air.
Pantai Blado Trenggalek
Pantai Blado tepatnya berada di Desa Munjungan Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Dari pusat kota Trenggalek ke arah selatan berjarak 49 km, kalau dari Surabaya berjarak ± 230 km. Pantai Blado memiliki panjang 3 km dengan luas pantai ± 25 ha.

Sebagaimana masyarakat pesisir pada umumnya yang berprofesi sebagai nelayan, masyarakat di sekitar Pantai Blado juga memiliki tradisi sedekah laut yang turun temurun dilakukan. Masyarakat di sana biasanya melaksanakan Longkangan atau sedekah laut (tradisi meminta berkah agar hasil tangkapan ikan melimpah) setiap hari jumat kliwon bulan Selo dalam penanggalan Jawa.
Pantai Blado Trenggalek
Ada beberapa jalur yang bisa dilalui untuk dapat menuju Pantai Blado Trenggalek, diantaranya jalur Gandusari – Kampak dan jalur Dongko. Kedua jalur ini memiliki kesulitan dan kemudahan tersendiri, seperti jalanan yang berliku, banyak tikungan tajam, jalanan yang naik turun, sampai aspal dengan tidak baik maupun sedang. Sehingga dalam perjalanan ini dibutuhkan kewaspadaan tinggi bagi pengendara. Meskipun gambarannya seperti itu, jalur ini masih relatif aman, seiring dari Pemkab Trenggalek juga banyak melakukan perbaikan jalan di Munjungan. Baik roda 2 maupun roda 4 dapat melintasi jalur ini dengan aman, sedangkan untuk angkutan umum bisa menggunakan mini bus dengan kode s2 untuk jurusan Trenggalek-Kampak-Munjungan).

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Pantai Blado diantaranya pondokan, gardu pandang, area parkir, warung makan, warung kopi, serta panggung hiburan yang secara berkala digunakan untuk mengadakan event-event tertentu. Tentunya dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut menambah kemudahan pengunjung untuk dapat menikmati Panorama Alami Pantai Blado Trenggalek.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini