Sindopos.com - Hobby; Siapa Yang Tidak Kenal Permainan Skateboard Yang Sangat Identik Dengan Olah Raga Ekstrim Kaum Muda

Skateboard Pada Era 1950 - 1990
Skateboard Pada Era 1950 - 1990
Skateboard adalah salah satu olahraga yang memacu adrenalin yang mana olah raga ini memadukan antara papan seluncur dengan roda. Skateboard akrab dengan kalangan remaja yang hoby dengan olah raga Ekstrim. Pada perkembangannya skateboard bukan hanya sekedar Hobby menjadi gaya hidup remaja kreatif di mana papan dan roda adalah bagian utama yang digunakan untuk olah raga ini. Skateboard pertama kali ditemukan pada pertengahan tahun 1950, seiring dengan perkembangan era surfing di daerah California, Amerika Serikat. Pertama kali muncul, skateboard masih diciptakan oleh tangan manusia dan terbuat dari kayu yang gabungkan dengan ban sepatu roda dan disambungakan oleh tracks dari sepatu roda juga yang sangat tebal dan berat. Pada saat itu orang juga belum mengenal nama ‘skateboard’, melainkan ‘sidewalk surfing’.

Awalnya  Frank Nasworthy peselancar dari California, yang pada saat itu ingin mencari alternatif lain bermain surfing ketika air laut tidak berombak. Mulai saat itulah permainan skateboard dimainkan, dan papan pertama yang dibuat hampir mirip dengan papan surfing, namun ukurannya agak kecil dan diberi ban roller skate.

Pada tahun 1970-an, Frank Nasworthy membuat ban skateboard dari bahan polyurethane atau yang biasa disebut Cadillac. Dengan dibuatnya ban baru skateboard tersebut, membuat popularitas skateboard berkembang pesat. Banyak perusahan pabrik di California yang memodifikasi papan – papan skateboard.

Masa-masa skateboard dimulai ketika Marty McFly menggunakannya dalam sebuah film yang berjudul “Back To The Future”, disini Marty menggunakan media skateboard sebagai alat transportasinya. Popularitas Hobby skateborad mulai meningkat ketika sebuah majalah lokal yang membahas permainan ini mulai terbit, yaitu Skateboarder Magazine. menjadi sebuah media yang sangat membantu para skateboarder untuk lebih mengetahui secara lengkap mengenai hal ini.

Pertengahan tahun 1960, skateboard menjadi permainan yang cukup mainstream di Amerika. Dua buah brand, yaitu Hobie dan Makaha melihat celah tersebut dan mulai memproduksi skateboard, jadi para penikmat permainan ini tidak perlu lagi bersusah payah untuk membuat skateboard. Mereka dapat membeli langsung dan langsung memainkannya.

Awal tahun 1970, Frank Nasworthy memulai kariernya di dunia skateboard dnegan merancang skateboard dengan bahan polyurethane yang lebih tenar dengan nama “Cadillac”. Meskipun berangakat dari Hobby, melihat kejayaan skateboard, maka semakin banyak perusahaan-perusahaan yang saling berlomba-lomba untuk menjadikan lahan ini sebagai ladang bisnis mereka. Salah satunya ialah Tracker Trucks yang berdiri pada tahun 1976. Skateboard yang dihasilkannya pun jauh lebih bagus dari skateboard yang sebelumnya di pasaran, Banana Board menjadi papan yang cukup menjadi trend pada saat itu, bentuknya yang ringkas dan elastis membuat papan yang satu ini laris didunia.

[next]
Bentuk kontenporer skateboard didapat dari fresstyle papan pada tahun 1980-an, dengan bentuk ban dan lebar relatif sempit yang simetris. Bentuk papan ini sudah menjadi trend di awal tahun 90-an. Pertengahan tahun 90-an sampai sekarang papan skateboard terus berkembang, saat ini papan skate yang digunakan mempunyai lebar 7 ¼ sampai 8 inci, dan panjang 30 sampai 32 inci. Sementara ukuran roda relatif kecil.

Perkembangan Hobby Skateboard Di Indonesia

Di Indonesia sendiri skateboard mulai masuk pada tahun 80-an. Para pecinta skate di Indonesia mendapatkan informasi seputar skate di dunia melalui video di Youtube.com dan membaca majalah skateboard luar negeri.

Pertengahan tahun 90an semakin banyak pemuda yang Hobby bermain skateboard karena sudah ada skateshop yang menjual peralatan skateboard secara lengkap meskipun tidak dengan legal license. Pada tahun 1996 Mr. Craig Huddleston membuka sebuah toko yang menjual Surf, Skate and Street Apparel dengan nama City Surf. Toko tersebut menjual segala pernak pernik peralatan untuk surfing maupun skateboarding. Dengan perkembangan pemikiran yang semakin kritis atas potensi skateboard di Indonesia, akhirnya Mr.Craig selaku pemilik City Surf memiliki inisiatif untuk menggelar kejuaraan skateboard pada tahun 1998 di Jakarta.
Skateboard Era Modern

Seiring berjalannya waktu, Hobby olahraga yang tergolong ekstrim ini semakin berkembang di anak muda Indonesia. Dengan semakin dicintainya olahraga skateboard ini, Mr. Craig yang pada saat itu mempunyai toko  khusus yang meyediakan perlengkapan skateboard membuat event kejuaraan skateboard pertama di Jakarta. Saat itulah event – event kejuaraan skateboard mulai banyak dibuat di Indonesia.

Dengan semakin berkembangnya skateboard di Indonesia, komunitas – komunitas Hobby Skateboard di berbagai kota – kota besar di Indonesia mulai bermunculan, dan mampu menghadirkan skaters – skaters handal. Nama – nama atlet skateboard asal Indonesia seperti Pevi Permana yang sudah malang melintang di kancah Internasional sudah terkenal di Amerika, negara asal permainan skateboard.

Lebih Jelasnya Lihat Perkembangan Skateboard Dari Masa ke masaberikut ini



Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini