Sindopos.com - Kemampuan Apa Saja Yang harus dimiliki oleh calon - calon pendamping Desa agar menjadi pendamping yang Proffesional. 


Pendampingan dan pembelajaran di masyarakat itu tidak seperti pembelajaran pada sekolah formal. Masyarakat bukanlah gelas kosong yang harus diisi dengan pengetahuan dan ilmu baru, mereka adalah orang - orang dewasa yang sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan awal. Sehingga dalam proses fasilitasi dimasayarakat juga seharusnya menggunakan pola - pola pembelajaran orang dewasa.

Tidak ada yang menjadi guru dan juga tidak ada yang digurui dalam proses fasilitasi dan pemberdayaan masyarakat. Semua ada lah sumber dan pelaku pembelajar, bukan hanya sekedar papan tulis dan kertas serta nilai dalam proses fasilitasi dan pendampingan masyarakat. Proses pembelajaran yang dilakukan harus lah selaras dengan kearifan dan budaya lokal yang ada. 

Kemudian seperti apakah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh para calon  pendamping desa atau fasilitator desa ini? Banyak sekali tentunya referensi yang harus kita miliki. Karena begitu banyak pendekatan - pendekatan dalam pendampingan masyarakat berikut kami jadikan satu modul agar pembaca bisa mendownload nya serta bisa memperkaya referensi yang sudah dimiliki. 

Download Modul Dasar - dasar fasilitasi

Post a Comment

  1. link pendmaping.kemendesa.go.id tidak bisa dibuka

    ReplyDelete

Powered by Blogger.