Misteri_Rumah_Candu_Misteri_Rumah_Candu_Liem_Kim_Siok
 Misteri Rumah Candu Liem Kim Siok
Sindopos.com - Rumah Candu terletak di Jalan Dasun, Desa Soditan, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.Bangunan-bangunan kuno tersebut masih dapat dilihat hingga kini, namun sebagian besar tak terawat. Jalan Dasun bersebelahan dengan Sungai Bagan atau masyarakat lokal menyebutnya dengan Kali Lasem.

Berdasarkan penelitian Balai arkeologi Yogyakarta, Lasem mempunyai 541 situs bersejarah. Peninggalan pusaka arkeologi di Lasem berasal dari zaman prasejarah, klasik (Hindu dan Budha), Islam, kolonial dan kemerdekaan. Penemuan kerangka manusia purba di Desa Leran dan Plawangan membuktikan peradaban Lasem telah berumur sangat tua.

Selain meyimpan cerita sejarah peradaban bangsa, Rembang yang dahulu sebagai pusat perdagangan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meninggalkan banyak legenda dan misteri yang penuh dengan aura Mistis.

Lasem juga menyimpan cerita tentang opium atau candu, di mana jejaknya bisa ditemukan di Omah Lawang Amba, milik Kapten Liem. Dulu Lasem merupakan salah satu pusat penyelundupan candu di Jawa. Di Omah Lawang tersebut pengunjung akan menjumpai lubang yang berujung di Sungai Lasem. Lewat lubang itulah candu disebarkan ke berbagai sudut Jawa.

Baca Juga : Menguak Misteri Tempat - Tempat Mistis Di Kota Rembang

Sekitar tahun 1880 ada seorang syahbandar pada waktu yang bernama Liem Kim Siok. Selain sebagai seorang syahbandar beliau juga menyelundupkan Candu Dari China yang kemudian ditukar dengan senjata untuk melawan penjajah kolonial Belanda. Penyelundupan candu/opium dilakukan dari kapal-kapal dagang yang berlabuh di Lasem untuk kemudian diedarkan ke seluruh pulau Jawa, diantaranya ke Semarang, Parakan dan Magelang. Salah satu bukti sejarah perdagangan candu di Lasem kala itu adalah lubang kecil yang terletak di dalam bangunan induk. Lubang ini terhubung langsung dengan Sungai Bagan yang ada di depan rumah. Konon dulunya lubang ini berdiameter 3 meter dengan kedalaman 1,5 meter. Namun karena sungai sering meluap ketika air laut pasang dan masuk ke rumah, saat ini lubang diperkecil hanya menjadi berdiameter 1 meter saja.

Lubang_Penyelundupan_Candu_rembang
Lubang Penyelundupan Candu
Hingga saat ini nama kapten Liem Kim Siok Masih menjadi bagian dari sejarah lasem. Hal ini dapat kita lihat dari Sebuah batu nisan makam khas tiongkok berukir relief huruf cina berada di lahan pekarangan ini. Diyakini, ini adalah makam keluarga Kapitan Liem sang pemilik rumah. Tak jauh dari nisan, dua buah patung anjing langit dan tiang batu cukup tinggi berujung kuncup teratai turut menghiasi makam ini. Makam itu berciri khas siang gong (satu kuburan dua liang lahat). Dan uniknya, sampai saat ini belum ada yang bisa membaca atau menterjemahkan tulisan yang ada di nisan makam tersebut karena jenis huruf kanji nya yang berbeda. Bahkan dari kalangan akademisi sekalipun.
Candu China
Candu China
Hari demi hari akhirnya Rumah Candu Liem Kim SIok ini menjadi sebuah misteri karena berdasarkan penuturan warga Banyak sekali hal hal ghaib sering muncul di sekitar Rumah Candu ini. Hal ini menurut Warga sekitar dikarenakan Bahwa Keluarga Kapten Liem Kim Siok Dibununh secara tragis oleh kolonial Belanda karena Melawan Penjajahan.


Post a Comment

Powered by Blogger.