Siap-siap Dana Bencana Ratusan Milliar Segera Direalisasikan

BPBD Pacitan pastikan proses penyaluran bantuan bencana tahap verifikasi
(Foto : kabarpacitan.com)
Pacitan,kabarpacitan.com- Proses penyaluran dana hibah bantuan korban bencana di Pacitan tinggal menunggu waktu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat mulai melakukan verifikasi data penerima bantuan dan kategori kerusakan. Tingkat kerusakan akan menjadi penentu besaran bantuan yang bersumber dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Ini proses verifikasi dilakukan di Kecamatan Ngadirojo dan Tulakan. Verifikasi ini merupakan pendataan ulang sekaligus memastikan penerima dan nilai bantuan sesuai tingkat kerusakannya,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pacitan, Didi Alih Wibowo. 

Didi Alih menambahkan besaran nilai bantuan tergantung dari tingkat kerusakan. Ada dua kategori yakni kerusakan sedang dan berat. Kategori sedang besarannya Rp 20 Juta sedangkan rusak berat nilai bantuannya Rp 75 Juta. Besaran penerimaan bantuan akan berkurang jika warga korban bencana sudah mendapat bantuan dari program lain pemerintah. 

“Jadi nanti dana bantuan itu disalurkan langsung ke masing-masing rekening penerima bantuan. Warga penerima sebagai pelaksana langsung rehabilitasi rumah, sedangkan petugas fasilitator melakukan pendampingan  dalam proses pembangunan,” jelasnya.

Hasil pendataan ulang ini akan diumumkan ke public untuk mendapatkan respon dan koreksi dari masyarakat. Diketahui, sekitar 1800 rumah rusak akibat bencana tahun 2017, bakal memperoleh bantuan dari dana hibah BNPB sekitar RP 139 milyar.  Dana bantuan sebesar itu akan direalisasikan pada tahun 2019 ini.

Reporter    : Agung Prawoto
Editor         : Sujarismanto

No comments for "Siap-siap Dana Bencana Ratusan Milliar Segera Direalisasikan"