Industri Pariwisata Pacitan dan Infrastrukur Harus Segera Dibenahi Untuk Kemajuan Pariwisata di Kabupaten Pacitan

Sindopos.com - Pariwisata Pacitan Siap Berbenah,Karena Tol Trans Jawa - JLS Segera Terhubung.

disksui-forum-fosipa
Kegiatan Fosipa Di Pendopo Pacitan
Pekembangan perekonomian suatu wilayah harus di dukung dengan sarana dan prasarana yang memenuhi standar baik itu Infrastuktur Jalan sebagai penghubung agar perputaran roda ekonomi lancar, Kini Pemerintah terus mempercepat pembangunan infrastuktur tersebut, Seperti Tol Trans Jawa dan Jalur Lintas Selatan (JLS) jawa, Jika keduanya terhubung, maka Kabupaten Pacitan dinilai akan memperoleh dampak, Terutama limpahan pengunjung dan wisatawan. Oleh karena itu, Perlu dilakukan pembenahan dalam konteks kepariwisataan di Pacitan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Forum Silaturahmi Insan Pariwisata Indonesia (FOSIPA), Sarbini, saat forum diskusi Maron Tourism Bussines Center yang digelar di Pendopo Kabupaten Pacitan, beberapa waktu lalu.

Menurut Sarbini, ada beberapa pembenahan yang perlu dilakukan, yakni dari sisi sarana prasarana dan sikap masyarakat lokal. “Yang perlu dibenahi adalah prasarana maupun sikap masyarakat terhadap wisatawan, kami melihat asyarakat belum cermat untuk mlihat perubahan,”jelasnya.

Dengan adanya kemungkinan terhubungnya tol trans jawa dan JLS, maka menurut Sarbini, hal tersebut harus disikapi segera. “Kabupaten Pacitan akan menerima limpahan wisatawan, sehingga diperlukan persiapan matang, mulai sarana pendukung sampai (kesiapan) masyarakat,”tandasnya.

Lebih lanjut, Sarbini mengungkapkan bahwa dari hasil pengamatan FOSIPA pada agenda Maron Bussines Tourism Center itu, berbagai kekurangan terlihat seperti akses menuju lokasi wisata, salah satunya terminal transit.

“Keberadaan terminal itu sendiri akan memudahkan pelayanan kepada pengunjung, teknisnya setelah sampai di terminal transit, para pengunjung diangkut dengan kendaraan yang telah disediakan. Mengingat lokasinya yang belum memiliki akses memadai. Tetapi itu tidak bayar, karena satu paket,”paparnya.

Hal senada juga di sampaikan Wasi Prayitno Kadis Budparpora Pacitan yang menyambut baik jika benar-benar terhubung jalur tersebut, Maka Dinas Pariwisata akan bekerja lebih extra guna membenahi pasilitas di setiap Objek-Objek wisata yang ada di kabupaten pacitan agar para wisatawan bisa lebih betah tinggal di pacitan dan kembali berkunjung ke kota 1001 goa ini, Dan yang perlu di benahi adalah adanya Rest Area pada pintu-pintu masuk Pacitan.

”Sedangkan terkait sarana penginapan, kami akan bekerja sama dengan pengelola dan penyediaan home stay di area kota serta villa untuk kawasan pantai dan objek-objek wisata yang ada di wilayah Pacitan,” Ujarnya

Kini Pacitan sedang mengalakan Desa-desa Wisata, Agar ada pemberdayaan untuk Masyarakat sekitar dan para wisatawan bisa beriteraksi langsung dengan masyarakat, Sehingga masyarakat yang nemiliki Rumah di sekitar objek Wisata bisa di buat home stay.

"Salah satu contoh Desa Wisata yang sudah berjalan adalah di wilayah Objek Wisata Watu Karung Kecamatan Pringkuku" Pungkasnya.

Dukungan masyarakat juga harus sinergi dengan Pemerintah Daerah agar bisa berjalan dengan baik dan semua untuk kemajuan Pariwisata di Kabupaten Pacitan.(tyo)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form