Majelis Nasional KAHMI Buka Posko Atensi dan Peduli Wamena

Pernyataan Sikap Keprihatinan MN-KAHMI atas Tragedi Wamena
Tragedi kemanusiaan yang terjadi di Wamena beberapa waktu lalu telah menimbulkan duka yang mendalam bukan saja bagi keluarga korban, melainkan juga bagi bangsa Indonesia. Sebagaimana diketahui tragedi tersebut telah merenggut puluhan korban jiwa, korban luka-luka, dan harta (pribadi maupun umum). Selain itu, ribuan rakyat terpaksa harus mengungsi dalam ketakutan dan kekhawatiran kelamnya masa depan.

Melihat perkembangan Tragedi Kemanusiaan di Wamena ini Majelis Nasional KAHMI ikut prihatin serta berpartisipasi aktif dengan membuka Posko Atensi dan Peduli Wamena. Diharapkan dengan adanya Posko ini akan menjadikan pusat koordinasi alumni HMI untuk ikut andil dan berperan aktif membantu meredakan konflik dan tragedi yang terjadi. Posko ini didirikan di Jalan Turi 1/No. 14. Blok S Senopati Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut MN-KAHMI berharap jika keprihatinan ini disampaikan dengan harapan besar mendapat tanggapan serius dari para pejabat politik, pemerintahan, dan para pimpinan TNI – Polri serta semua tokoh masyarakat, baik di Wamena, Papua, maupun Pusat.

Berikut ini pernyataan sikap MN-KAHMI atas Tragedi Kemanusian di Wamena.

PERNYATAAN KEPRIHATINAN MAJELIS NASIONAL KAHMI
ATAS TRAGEDI KEMANUSIAAN DI WAMENA (PAPUA)
Nomor: 336/B/MNK/KAHMI/IX/2019

Setelah mencermati perkembangan situasi di Wamena, MN KAHMI menyatakan keprihatinan dan himbauan sebagai berikut:

1. Tragedi kemanusiaan yang terjadi di Wamena beberapa waktu lalu telah menimbulkan duka yang mendalam bukan saja bagi keluarga korban, melainkan juga bagi bangsa Indonesia. Sebagaimana diketahui tragedi tersebut telah merenggut puluhan korban jiwa, korban luka-luka, dan harta (pribadi maupun umum). Selain itu, ribuan rakyat terpaksa harus mengungsi dalam ketakutan dan kekhawatiran kelamnya masa depan.

2. Untuk itu, pemerintah daerah khususnya dan pemerintah pusat perlu segera mengambil langkah nyata, cepat dan tepat untuk memberi perlindungan dan jaminan keamanan kepada seluruh warga masyarakat di Wamena. Kehadiran negara sangat urgen untuk memulihkan suasana psikologis dan
ketentraman masyarakat, khususnya warga pendatang karena Wamena adalah bagian integral NKRI di mana semua warga negara memiliki hak hidup, hak untuk bertempat tinggal dan hak untuk berkegiatan ekonomi.

3. Mendesak aparat Kepolisian untuk segera mengungkap dan menangkap para pelakunya, khususnya pelaku utama dan aktor intelektual peristiwa tersebut, siapapun dan dari manapun dia demi tegaknya hukum dan terlindunginya HAM

4. Mendesak Aparat aparat TNI dan Polri untuk meningkatkan kemampuan deteksi dan antisipasi dini, serta mengambil langkah langkah yang tepat dan terorganisir, untuk mencegah terjadinya peristiwa amuk massa di masa yang akan datang.

5. Mengharapkan agar pemerintah pusat memberi atensi terhadap tragedi kemanusiaan di Wamena dan mendorong penanganan yang menyeluruh untuk mewujudkan keamanan dan keadilan di Papua secara keseluruhan dan khususnya di Wamena, termasuk memberikan jaminan keamanan pada para
pengungsi untuk kembali ke rumahnya guna menjalani hidupnya sebagaimana biasa.

6. Menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk meningkatkan empati dan peduli terhadap warga masyarakat yang terkena dampak tragedi kemanusiaan.

7. Sebagai bentuk kepedulian, MN KAHMI membuka posko atensi dan peduli Wamena di Jalan Turi 1/No. 14. Blok S Senopati Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

8. Menginstruksikan kepada MD Kahmi di Wamena dan MW KAHMI di Papua untuk mengambil peran aktif koordinatif dengan segenap elemen masyarat di Wamena, serta meningkatkan komunikasi dengan MN KAHMI berkenaan dengan perkembangan situasi di Wamena.

Demikian pernyataan keprihatinan ini disampaikan dengan harapan besar mendapat tanggapan serius dari para pejabat politik, pemerintahan, dan para pimpinan TNI – Polri serta semua tokoh masyarakat, baik di Wamena, Papua, maupun Pusat.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan kepada para pemimpin bangsa untuk memulihkan kestabilan sosial politik dan keamanan yang sangat diperlukan bagi keselamatan rakyat Indonesia dan keutuhan NKRI.

Tertanda :
MAJELIS NASIONAL KAHMI
Dr. Ir. Herman Khaeron, M. Si 
Drs. Manimbang Kahariady

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form