Sindopos.com - KOMPAK Dorong Penerapan Sistem Informasi Desa di Semua Desa di Pacitan

road-show-tematik-inovasi-SID
Kegiatan Road Show Pembekalan Mahasiwa KKN untuk Penerapan SID
Nampaknya kemudahan mendapatkan informasi dan pelayanan cepat, tepat, mudah, serta akurat akan segera terwujud di seluruh desa dikabupaten pacitan. Dengan fasilitasi dan dukungan KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan) akan mereplikasi penerapan Sistem Informasi Desa (SID) dari semula hanya 10 Desa dampingan KOMPAK ke semua desa dikabupaten Pacitan.
Bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Pacitan, dilaksanakan Road Show Inovasi Tematik – Sistem Informasi Desa kepada 50 mahasiswa peserta KKN-STIT Muhammadiyah Pacitan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari antara tanggal 1-2 Maret 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada peserta mengenai penerapan Sistem Informasi Desa (SID).

Menurut Irwandi District Coordinator KOMPAK, Pembekalan Kepada Mahasiswa KKN STIT Muhammadiyah ini adalah kerja sama Pemerintah Kabupaten Pacitan dengan difasilitasi KOMPAK untuk nantiya dapat membantu Pemerintah Desa untuk menerapkan SID. “KOMPAK akan melibatkan perguruan tinggi lokal untuk kita latih dan fasilitasi untuk membantu mereplikasi penerapan SID di desa lain di pacitan” jelasnya kepada sindopos.com


Lebih lanjut kedepan bukan hanya STIT-Muhammadiyah saja yang dilibatkan dalam penerapan SID ini, tetapi juga akan melibatkan perguruan tinggi lokal (STKIP, STAINUPA, Dll) lainnya serta organisasi kemahasiswaan yang ada di pacitan (HMI, PMII, IMM, Dll). “KOMPAK juga akan menggandeng perguruan tinggi lokal yang ada seperti STKIP, STAINUPA serta organisasi kemahasiswaan seperti HMI dan PMII untuk kita libatkan dalam kegiatan implementasi SID ini” tandasnya

Setelah peserta mendapat pembekalan terkait SID ini, nantinya mereka akan melakukan pendampingan di 5 desa lokasi KKN. Kelima desa itu meliputi desa Hadiwarno, dan Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo,  Desa Candi, dan Desa Pringkuku Kecamatan Pringkuku, dan Desa Sooka Kecamatan Punung.


Harapannya kedepan semua desa di Pacitan akan memiliki SID untuk meningkatkan pelayanan dasar kepada masyarakat.  Kemudahan layanan ini bukan hanya untuk masyarakat umum saja, tetapi juga ditekankan untuk masyarakat rentan dan miskin. Dengan demikian apabila pelayanan dasar  meningkat maka tentu juga akan membuka akses ekonomi yang lebih bagus. Hal ini senada dengan tujuan utama KOMPAK seperti apa yang dipaparkan Irwandi “Tujuan utama KOMPAK adalah agar masyarakat miskin dan rentan menapatkan pelayanan dasar dan mendapatkan kesempatan ekonomi yang bagus” pungkasnya. 

Post a Comment

Powered by Blogger.