Sindopos.com - KOMPAK dorong keterlibatan masyarakat untuk perbaikan layanan publik di Pacitan.
Diseminasi-Hasil-Assesmen-Persiapan-Pelaksanaan-SAPP
Pemaparan Diseminasi Hasil Assesmen Persiapan Pelaksanaan SAPP

Bertempat di Ruang Rapat Bappeda kabupaten pacitan hari ini (22/02/2017) dilaksanakan Diseminasi Hasil Assesment Persiapan dam Pelaksanaan Program SAPP (Social Accountability Dan Public Pariticipation). Program ini merupakan sebuah kegiatan untuk mendorong keterlibatan publik atau masyarakat untuk berpartisipasi dalam rangka mewujudkan akuntabilitas pelaksanaan pelayanan publik dikabupaten pacitan. 

Disampaikan di awal Diseminasi oleh perwakilan INISIATIF Nandang Suherman menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk  memaparkan hasil enumerasi dan tinjauan lapangan yang kemudian dirumuskan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh KOMPAK dan Inisiatif. Rumusan – rumusan kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan keterlibatan masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam melakukan sosial kontrol pada pelayanan publik disektor pendidikan dan sektor kesehatan. “kegiatan ini bertujuan untuk  memaparkan hasil enumerasi dan tinjauan lapangan yang kemudian dirumuskan kegiatan yang akan dilaksanakan” tegas pria asal Jatinangor itu.
peserta-Diseminasi-Hasil-Assesmen-Persiapan-Pelaksanaan-SAPP
Pesreta Diseminasi Hasil Assesmen Persiapan Pelaksanaan SAPP
Sementara itu, distrik fasilitator Nur Hidayat memaparkan data dan hasil kegiatan enumerasi kepada peserta. Pada paparannya dijelaskan jika rumusan kegiatan ini akan dilaksanakan dimulai sejak bulan Februari sampai desember 2017. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan untuk meningkatkan partisipasi publik adalah dibentuknya SEPOLA (Sekolah Politik dan Anggaran) untuk warga. Kegiatan ini akan melibatkan beberapa CSO lokal dan Aktivis yang concern terhadap peningkatan pelayanan publik di Pacitan.

Sebagai informasi, berikut ini Beberapa Target Jangka Menengah terkait Implementasi kegiatan Program SAPP di Pacitan :
1. Masyarakat yang terorganisir dengan kapasitas yang lebih baik
2. Lingkungan yang kondusif (Enabling Environment) untuk SAPP terbangun.
3. Pengembangan dan Pelaksanaan SAPP
4. Analisis formulasi dan pelaksanaan kebijakan yang lebih baik.

Terkait dengan project KOMPAK di pacitan, Bupati pacitan indartato sangat mendukung kegiatan ini. keberadaan kompak sangat diharapkan mampu memberikan kontribusi yang besar pada target utama pembangunan pacitan yaitu pengurangan angka kemiskinan di Pacitan. Hal ini dikarenakan bahwa pada akhir masa kepemimpinannya yang kedua di Pacitan, Indartato berharap jika angka kemiskinan bisa turun. "Untuk menilai apakah seorang kepala daerah berhasil atau tidak itu sangat mudah, apa? Jika angka kemiskinan diakhir masa jabatannya turun" Ucap bupati pacitan diberbagai koordinasi penanggualangan kemiskinan maupun pada saat diskusi dan kepada media.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini