Sindopos.com - Apel kesetiaan NKRI Pantai Pancer Door Pacitan Jawa Timur.
ribuan-santri-nu-nkri
Apel kesetiaan NKRI Pantai Pancer Door Pacitan Jawa Timur.
Ribuan kader dan simpatisan Nahdlatul Ulama dari berbagai daerah di Jawa Timur berkumpul di kawasan wisata Pantai Pancer Door, Kabupaten Pacitan guna mengikuti rangkaian agenda apel kebangsaan,Acara yang di mulai dari Sabtu malam dengan mengelar Istigotsah akbar pada pukul 20.00 WIB
Dalam rangkaian acara tersebut Ketua PCNU Kabupaten Pacitan menyampaikan orasi kebangsaan nya dan Mengucapkan rasa syukur karena PCNU pacitan di percaya menjadi tuan rumah Apel Akbar Ini.
“Estimasi apel kebangsaan dan kesetiaan pada NKRI ini diikuti lebih dari 10 ribu nahdliyin,” kata KH Mahmud di Pacitan.(8/1)  
Apel kesetiaan NKRI digelar pada Minggu pagi ditepian Pantai Pancer Door dengan melibatkan puluhan ulama NU dari berbagai daerah,Yang rencana semula akan di hadiri Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana namun karena tugas mendadak di Wakilkan kepada Danrem,ungkapnya
Wakil Gubernur Jatim Saefullah Yusuf yang semula dijadwalkan hadir dalam apel tersebut dikabarkan batal datang karena ada rapat mendadak dengan Gubernur Jatim Soekarwo.    
“Malam ini pukul 20.00 WIB seluruh kader NU, baik dari Ansor, Banser, fatayat maupun jajaran pengurus PCNU dari 38 kabupaten/kota berkumpul untuk menggelar istigotsah dan malam renungan di tepi Pantai Pancer Door,” ujarnya. 
Acara Puncak Apel kesetiaan NKRI digelar NU Jatim sebagai bentuk respon atas krisis kebangsaan yang berpotensi memecah kesatuan dan persatuan bangsa di kaksanakan dengan Khidmat dan di ikuti sekitar 10.000 Warga dan Kader NU se Jawa Timur.   
Dalam Sambutan nya Ketua PWNU Jawa Timur Menegaskan, NU Memiliki komitmen seluruh elemen bahwa nahdliyin dalam menegakkan semangat kesatuan dan NU siap bersama TNI/Polri Menjaga Kedaulatan NKRI agar tetap Utuh dari Sabang sampai Merauke. Tegas KH Hasan Mutawakkil Alallah
”Sempat ada permintaan dari jajaran pengurus NU dari luar Jatim untuk turut berpartisipasi, namun kami tolak karena kapasitasnya dikhawatirkan tidak mencukupi,” ujarnya.    
Apel kesetiaan NU terhadap NKRI di Awali dengan pengibaran bendera merah putih dan Bendera NU serta atraksi sejumlah atlet paramotor di Pantai Pancer Door, mulai pagi hingga siang.
Secara terpisah Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf Piek Budiyakto menyampaikan Ucapan trimakasih kepada Seluruh Pengurus dan Kader NU Jawa Timur yang mengelar Apel Kesetiaan NU terhadap NKRI,Ini merupakan Wujud Patriotisme dan Nasionalisme Warga NU yang ikut serta mempertahankan NKRI dari berbagai macam ancaman yang akan memecah belah bangsa.
"TNI dan Polri siap bersama rakyat dan Warga NU dan komponen lain menjaga NKRI ini dari ancaman yang dapat memecah belah keutuhan NKRI," Pungkasnya.
Acara yang di hadiri Bupati dan Wakil Bupati Pacitan,Ketua DPRD Pacitan dan Para Ulama NU Se Jawa Timur berlangsung dengan Sukses aman dan lancar.(tyo)

Post a Comment

Powered by Blogger.
close